Jumat, 12 Jul 2019 08:19 WIB

Nih Caranya Biar Jok Motor yang Dijahit Tak Gampang Rembes

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi Jok motor. Foto: Grandyos Zafna Ilustrasi Jok motor. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Modifikasi jok pada sepeda motor tidak hanya sekedar meningkatkan kenyamanan tapi juga penampilan. Beberapa penyedia produk dan jasanya pun dapat memberikan kombinasi warna hingga material untuk mendapatkan pola yang diinginkan.

Untuk melakukan hal ini teknik yang biasanya digunakan adalah menjahitnya di mana hal ini justru menimbulkan masalah baru. Masalah tersebut adalah risiko jok motor akan sangat rentan sekali terhadap air. Air akan tersimpan pada busa jok dan mengurangi kenyamanan.


Jika anda ingin mendapatkan motif jok yang sesuai menggunakan jahitan pastikan meminta pada pembuatnya untuk dilapisi bahan plastik.

"Itu jahitan memang rembes jadi kelemahan modifikasi jok motor kalau dijahit akan rembes. Sekarang pembuat jok udah pintar bisa dikasih jahit plastik atau sealer udah ada beberapa orang yang bisa, dijahit dulu baru dikasih plastiknya," ujar Manager Digital Creative Division MBtech, Edi Pamungkas usai meluncurkan produk terbarunya MBTech Giorgio di Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019).

Kurang yakin dengan ketahanan plastiknya tapi tetap ingin mendapatkan kontur khas pada motor kustom. Tenang saja masih ada teknik lain yang bisa ditempuh, yaitu emboss.


"Sekarang lagi tren juga di-emboss jadi di press tetap ada pola tanpa dijahit. Bisa dibilang ini pengganti jahitan dan tidak bocor. Emboss ini nggak merusak kulit. Ini lapisan luar, busa, kulit lagi baru diemboss jadi kuat dan tebal," ungkap Edi.

Teknik emboss ini tentunya juga tetap bisa dikombinasikan dengan teknik jahitan jika ingin memadukan dua warna dan bahan berbeda sekaligus. Tapi perlu diingat ya detikers supaya bagian jahitan dilapisi plastik biar nggak rembes saat tersiram air.

Simak Video "Bus Sora, Bisa ke Peron Sendiri karena Fitur Control System"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com