Rabu, 26 Jun 2019 11:24 WIB

Tetap Segar Hadapi Panas Terik Saat Motoran

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Akhir-akhir ini cuaca terasa panas terik di siang hari. Tentu bagi yang memiliki mobilitas tinggi dan mengandalkan sepeda motor, ada lho tips sederhana agar kondisi tubuh tetap segar saat menghadapi panas terik saat menggunakan sepeda motor.

Menurut Instruktur Rifat Drive Labs, Andry Berlianto saat dihubungi detikcom, Selasa (25/6/2019), ada beberapa poin yang harus dilakukan pemotor. Bagi pemotor yang tidak biasa berkendara di siang hari wajib waspada dengan gejala dehidrasi atau kekurangan cairan saat berkendara.

"Konsumsi air yang cukup, direkomendasikan air putih yang netral dari segala macam bahan kimia. Menyiapkan botol air minum di motor agar bisa dikonsumsi sewaktu-waktu," kata Andry.



Lebih lanjut, berkendara terlebih mengendarai sepeda motor saat cuaca terik memang menguras tenaga. Pengendara sepeda motor diminta untuk tidak memaksakan berkendara bila sudah mengalami kelelahan.

Salah satu cara yang paling jitu ialah beristirahat. Tak sekadar berteduh, rehat sejenak dapat membuat kondisi badan kembali prima.

Oleh karenanya pengendara sebaiknya diimbau memiliki jam istirahat yang sesuai, tidak begadang misalnya.



"Tidak didera kelelahan, dan cukup waktu istirahat (tidur)," kata Andry.

Meski cuaca panas, para pemotor juga harus memperhatikan safety gear. Salah satunya penggunaan jaket, sebab selain untuk terhindar dari sengatan matahari, juga menjaga kulit agar meminimalisir risiko luka bila terjadi kecelakaan.

Pun demikian dengan pakaian yang digunakan. Terkait pemilihan warna ataupun bahan, Andry menyarankan untuk tidak menggunakan baju yang menyerap sengatan matahari.

"Menggunakan pakaian berkendara yang tidak menyerap panas, pilih bahan yang nyaman di kulit dan tidak membuat banyak berkeringat saat dipakai," kata Andry.



Kemudian pemotor juga harus menggunakan perlengkapan lain untuk berkendara sepeda motor seperti sarung tangan dan masker. Tak hanya itu, Andry juga mengungkapkan pentingnya pemilihan kaca visor pada helm.

"Mengenakan visor helm yang teduh (rainbow atau smoked) untuk mengurangi efek silau pada mata atau tambahkan kacamata gelap jika visornya bening," ungkap Andry.

Terakhir Andry berpesan agar pemotor tidak terburu-buru saat berkendara, pun demikian cuaca panas dapat meningkatkan emosi pengendara serta mempercepat tubuh alami kelelahan. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com