Minggu, 19 Mei 2019 16:52 WIB

Hati-hati Ngantuk kalau Mau Mudik Malam Hari Naik Motor

Ruly Kurniawan - detikOto
Ilustrasi mudik naik motor malam hari. Foto: Pasangmata Ilustrasi mudik naik motor malam hari. Foto: Pasangmata
Jakarta - Meskipun tidak dianjurkan pemerintah, mudik menggunakan sepeda motor masih jadi pilihan banyak orang. Alasannya, agar bisa meredam sedikit pengeluaran.

Nah untuk detikers yang memiliki rencana mudik dengan sepeda motor di malam hari, persiapkan untuk hal-hal terburuk ya. Sebab sebagaimana dikatakan Service Advisor Cahaya Motor Ramadhi, risiko kecelakaan akan cukup besar.


"Apalagi kalau pilih berangkat malam. Karena di saat itu, jarak pandang kita akan terbatas. Belum lagi rasa kantuk yang kadang membuat pengendara mudah kehilangan kendali. Biasa, kan kalau orang berbuka puasa dengan makanan yang berat dan banyak, hasilnya cepat berpengaruh ke ngantuk itu," jelas dia kepada detikcom lewat sambungan telepon di Jakarta, Minggu (19/5/2019).

Ramadhi juga menyatakan, agar berkendara maksimum adalah dua jam.

"Setiap 2 jam istirahat 15-30 menit agar otot tidak kaku. Karena disadari atau tidak, riding malam hari itu lebih melelahkan. Terlebih kalau bawa barang banyak ya di motor," katanya.


Tak lupa juga disarankan agar berkendara rombongan setidaknya 3 sampai 5 motor supaya terhindar dari tindak kejahatan di malam hari. Bergantian untuk mengemudi juga disarankan.

Saat istirahat, carilah tempat istirahat yang aman, seperti kantor Polisi atau posko-posko mudik yang banyak disediakan oleh perusahaan swasta atau pemerintah. (ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com