Kamis, 09 Mei 2019 09:23 WIB

Jangan Lupa Pemanasan Dulu Sebelum Naik Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi naik motor. Foto: shutterstock Ilustrasi naik motor. Foto: shutterstock
Jakarta - Ibadah puasa bukan menjadi alasan bagi kaum muslim untuk mengendurkan aktivitas. Terutama bagi para pekerja ibu kota yang sehari-hari mengandalkan motor, harus tetap fokus saat berkendara di jalan raya, meski kondisi fisik dan stamina tidak sekuat di hari biasa.

Dijelaskan Head of Safety Riding Wahana, Agus Sani, ada beberapa tips yang bisa dilakukan para bikers agar tetap fokus berkendara meski dalam kondisi menjalani ibadah puasa.


"Pertama, usahakan mengkonsumsi air mineral yang cukup saat sahur, agar tubuh kita tidak dehidrasi saat berkendara pada cuaca panas," ujar Sani, melalui pesan singkat kepada detikcom, Rabu (8/5/2019).

"Kedua, tetap lakukan pemanasan ringan sebelum berkendara motor. Agar aliran darah menjadi lancar, sehingga kita dapat berkonsentrasi dalam berkendara dan tetap fokus saat di jalan," lanjut Sani.

Sani juga menghimbau supaya menghindari berkendara motor saat terik matahari. Sebab, hal itu akan membuat tubuh pengendara mengeluarkan keringat dan mudah dehidrasi. "Sehingga nantinya bisa menggangu aktivitas puasa kita," katanya lagi.


Kalaupun detikers harus berkendara motor di siang hari, usahakan jangan terlalu memaksakan. Jika sudah benar-benar lelah, lebih baik meminggirkan motor di tempat aman seperti SPBU atau masjid, untuk istirahat sejenak.

"Jangan lupa juga untuk selalu gunakan perlengkapan yang aman dan nyaman saat berkendara, agar tubuh kita mudah untuk melakukan manuver saat berkendara," pungkas Sani. (lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com