Minggu, 21 Apr 2019 11:10 WIB

Pebalap Senior Beberkan Cari Aman Melahap Sirkuit

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Bogor - Pebalap senior eks Tim Honda Racing, Wawan Hermawan memberikan coaching clinic kepada para peserta Indonesia CBR Race Day 2019 seri pertama yang dihelat di Sirkuit Internasional Sentul, Minggu (21/04/2019). Dalam kesempatan ini Wawan membagikan tips dan trik aman saat balapan.

Pertama yang perlu menjadi perhatian adalah menggunakan safety gear yang dikenakan pebalap. Mulai daru ujung kepala hingga ujung kaki tidak boleh luput dari perhatian.


"Perlengkapan balap, seperti helm, standar balap. Salah satu contohnya selain dari lisensi, sistem menguncinya menggunan D-Lock, kalau klip bahaya ketika ada accident ditakutkan macet," ujar Wawan saat memberikan Coaching Clinic di paddock Sirkuit Internasional Sentul.

Ia kemudian melanjutkan menggunakan wearpack, inner seat, body backpack, sepatu balap dan sarung tangan. Lebih lanjut, Wawan menjelaskan untuk pentingnya melakukan pemanasan.

"Selanjutnya persiapan, menurut saya persiapan banyak, mulai dari pemanasan dan pengecekan motor. Fungsi pemanasan siapkan badan kita diri kita saat lakukan riding untuk meminimalisir adanya cidera. Urutan pemanasan dari ujung kepala ke unjung kaki," urai Wawan.

Selanjutnya adalah posisi riding, saat berada di trek lurus sebaiknya tetap dalam kondisi menunduk, sebab dapat mempengaruhi aerodinamika kendaraan.

"Kemudian mengatur RPM jangan lupa tetap kontrol agar tidak jumping start. Selanjutnya riding position di track lurus sebisa mungkin menunduk untuk kurangi hambatan angin," ujar Wawan.

Kemudian balapan ketika sedang balapan di lintasan dengan kondisi basah. Wawan menyarankan pada pebalap untuk bisa mengatur emosi.


"Teknik balap pertama pengereman tidak boleh keras. Belok juga harus lembut. Tidak boleh mengerem dalam kondisi miring. Buka gas lembut. Kalau saat hujan itu kita harus hisa atur emosi lah," ujar Wawan.

"Pesan saya sebagai rider untuk teman-teman di sini tetap gunakan safety. Ketika balap pun perlu emosi. Yang penting itu kita bisa kontrol emosinya," pungkas Wawan.


Tonton video Dua Pembalap Kosta Rika Adu Jotos saat Balapan :

[Gambas:Video 20detik]


Pebalap Senior Beberkan Cari Aman Melahap Sirkuit
(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya