Minggu, 17 Mar 2019 07:12 WIB

Motor Injeksi Brebet, Perhatikan Komponen Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Bengkel motor injeksi. Foto: Luthfi Anshori Bengkel motor injeksi. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Motor injeksi saat ini mendominasi pabrik otomotif. Tentu perawatan perlu diperhatikan agar kondisi motor tetap prima.

Saat motor bebet atau tenaga kurang maksimal, tentunya ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan. Melansir dari halaman Suzuki.co.id, setidaknya ada dua komponen yang wajib dicek saat perawatan berkala.

"Mulai dari selang injektor, sampai ke bagian throttle body. Dua komponen ini wajib mendapat perawatan secara berkala karena kalau dibiarkan bisa sangat berpengaruh terhadap performa mesin," tulis laman Suzuki.



Bukan tanpa sebab, tugas injeksi pada motor sistemnya adalah menyuplai bahan bakar ke ruang pembakaran. Bila tidak dirawat, injektor berisiko mampet karena tersumbat kotoran.

"Umumnya pengecekan dilakukan setiap interval 8.000 km," tulisnya.

Selain membersihkan selang injector dan throttle body, ada komponen lain yang juga patut diperhatikan, yakni kondisi busi dan filter udara.



Laman tersebut menyarankan agar setiap kelipatan jarak 8.000 km memeriksa busi dan filter udara juga penting untuk dilakukan.

Busi memiliki fungsi untuk memercikkan api ke ruang bakar. Kalau pengapian dari busi terhambat, bensin berisiko terbuang sia-sia dan proses pembakaran tidak maksimal.

Namun untuk filter udara, sebaiknya dicek dan dibersihkan tiap 2.000 km. Dengan rutin membersihkan filter udara, kepastian ruang bakar mendapat asupan udara yang bersih menjadi lebih terjamin.

Nah itu tadi detikers, seputar motor brebet di motor injeksi, jadi rumor motor injeksi tanpa perawatan dibanding karburator tidak sepenuhnya benar ya. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed