Sabtu, 16 Mar 2019 18:18 WIB

Tips Jitu Bikin Ban Offroad Awet

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama/detikOto Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta - Setiap jenis ban yang digunakan pada sepeda motor memerlukan perawatan berbeda tergantung jenis dan penggunaannya. Untuk ban offroad sendiri ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memperpanjang masa pakainya.

Hal utama yang mempengaruhi masa pakai ban adalah tekanan angin. Untuk ban offroad sendiri rekomendasi tekanan angin yang dianjurkan adalah 8 psi sampai 14 psi.



"Untuk merawat offroad sendiri yang utama adalah tekanan angin. Tadi tim racing bilang bahwa range tekanan angin itu 8 psi sampai 14 psi," ujar Departemen Training and Sales PT Sumi Rubber Indonesia, Ibnu Baskoro saat ditemui di Jakarta.

Namun banyak yang beranggapan menerapkan tekanan angin rendah demi mendapatkan grip lebih bagus terhadap permukaan tanah. Hal ini akan menyebabkan pendeknya usia pemakaian ban.



"Untuk mendapatkan grip dengan permukaan lintasan yang lebih lunak, para racer offroad menurunkan tekanan angin. Sebenarnya itu salah. Semakin turun tekanan anginnya usia pemakaian akan lebih cepat, itu kunci utama untuk memaksimalkan usia pakai ban," ungkap Ibnu.

Faktor lain yang mempengaruhi usia pemakaian ban offroad adalah masalah kebersihan. Lumpur tanah dan berbagai partikel lainnya yang menempel saat menjajal tanah harus segera dicuci setelah dipakai agar kelembaban dan kelenturan karet ban terjaga.

"Kedua adalah kebersihan, jadi setelah digunakan segera dibersihkan supaya moisture karetnya tetap terjaga tidak gampang menua," tutup Ibnu. (rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed