Senin, 04 Feb 2019 12:57 WIB

Cuci Helm Pakai Cara Instan Aman Nggak?

Luthfi Anshori - detikOto
Helm Foto: Pradita Utama Helm Foto: Pradita Utama
Jakarta - Beberapa jasa pencucian helm menawarkan proses mencuci helm dengan waktu yang singkat. Jasa cuci helm ini biasanya ada di lokasi parkir atau tempat pencucian motor. Helm yang dicuci bisa ditunggu dengan waktu 1 sampai 2 jam.

Lalu apakah helm yang dicuci dengan cara singkat tersebut aman untuk kondisi helm itu sendiri? Dijelaskan Executive Director RSV Helmet Indonesia Richard Ryan, helm motor tidak bisa dicuci dengan cara yang singkat.

"Pencucian helm itu nggak boleh ditunggu. Karena density atau kepadatannya bisa rusak akibat cara pencucian yang salah. Contoh cuci helm di parkiran motor nih, sekitar 2 jam kelar," terang Richard di Jakarta.



Menurut Richard, jasa pencucian helm dengan waktu yang singkat biasanya akan mencuci bagian inner (busa dalam) atau padding dengan cara yang kasar. Biasanya helm akan direndam menggunakan air dan disikat dengan sabun.

"Padahal pertama, inner helm itu nggak boleh dicelup ke air. Karena density untuk busanya pasti akan rusak, mau dia busa di helm sekelas Arai pun pasti akan rusak kalau direndam di air," terang Richard.



Kerusakan helm akan lebih parah jika inner helm dikeringkan secara paksa menggunakan alat pengering.

"Jika inner atau padding helm dipaksa mengering dalam waktu 2 jam pakai blower atau open, akhirnya busanya akan mengeras kayak spons jadinya," lanjut Richard.

Lalu bagaimana cara mencuci helm motor yang aman dan direkomendasikan?

"Untuk bagian batok helm boleh dibersihkan menggunakan air, tapi kalau bagian inner helm itu cukup pakai kain chamois (kanebo) saja. Jadi dilap perlahan pakai kanebo, kotorannya pasti hilang kok," pungkas Richard. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed