Senin, 07 Jan 2019 07:57 WIB

Penyebab Tarikan Awal Motor Matik Bergetar

Luthfi Anshori - detikOto
itle Drive belt skuter matik. Foto: detikOto itle Drive belt skuter matik. Foto: detikOto
Jakarta - Salah satu masalah yang cukup sering dialami pengguna motor matik adalah tarikan awal motor yang bergetar. Getaran ini biasanya timbul dari area CVT saat motor dipacu dalam kecepatan rendah hingga menengah. CVT yang bergetar tentu bikin tidak nyaman pengendaranya, karena getaran bisa merambat ke setang kemudi.

Menurut laman hondacengkareng, untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya perhatikan bagian rumah CVT dulu, pada bagian ini ada beberapa komponen seperti van belt, weight set, clutch housing, CVT spring dan roller CVT. Pastikan dahulu semua komponen tersebut masih mampu bekerja baik.

Jika komponen-komponen tersebut masih dalam kondisi baik, biasanya yang jadi penyebab getaran adalah bagian kampas kopling ganda (weight set) atau mangkok kopling (clutch housing) ganda yang sudah menipis atau aus.



Setelah mengetahui penyebabnya, akan terlihat weight set dan clutch housing tidak berbentuk sempurna, ini yang membuat getaran terasa pada saat tarikan awal.

Nah, agar motor matik kembali normal segera bersihkan weight set dan clutch housing tersebut. Apabila setelah dibersihkan tetap tidak ada normal disarankan segera ganti item tersebut ke bengkel resmi terdekat.



Jika membawa ke bengkel resmi, tentu kedua part tersebut diganti dengan part original. Sementara jika ke bengkel umum atau bengkel spesialis biasanya akan ditawarkan komponen aftermarketnya atau komponen modifikasinya. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed