Senin, 17 Des 2018 13:22 WIB

Boleh Nggak ya Cuci Motor Pakai Sabun Colek?

Luthfi Anshori - detikOto
Mencuci motor. Foto: Deny Prastyo Utomo Mencuci motor. Foto: Deny Prastyo Utomo
Jakarta - Mencuci motor jadi salah satu kewajiban bagi bikers supaya motor tetap terawat dan terhindar dari serangan karat. Dalam mencuci motor, sabun yang disarankan digunakan adalah sabun khusus motor atau jika tidak ada bisa menggunakan sabun cuci cair.

Tapi kadang ada juga nih yang menggunakan sabun colek (krim) atau sabun bubuk untuk mencuci motor. Aman nggak ya?


Dijelaskan Stefanus Yoga dari Detailworks MotoSpa, Bintaro, Tangerang Selatan, mencuci motor pakai sabun colek boleh-boleh saja dilakukan asal penggunaannya tepat.

"Untuk bagian undercarriage seperti kaki-kaki, sprocket gear, dan kolong mesin justru dianjurkan pakai sabun colek. Selain lebih ekonomis, kemampuan sabun colek dalam membersihkan minyak, sisa oli, dan kotoran membandel lainnya lebih bisa diandalkan dibanding shampoo khusus cuci motor," tutur Yoga kepada detikOto melalui pesan singkat, Minggu (16/12/2018).

Nah, jika untuk bagian kaki-kaki disarankan pakai sabun colek, maka untuk bagian bodi justru sebaliknya. Tidak disarankan sama sekali memakai sabun colek untuk membersihkan kotoran.

"Sabun colek untuk bodi motor justru berbahaya. Kandungan cleaning agent dalam sabun colek sifatnya korosif. Kalau dipakai di bodi motor saat mencuci, lama kelamaan bikin cat terlihat pudar, bahkan meninggalkan efek memutih," terang Yoga.


Untuk amannya, Yoga menganjurkan supaya bikers tetap menggunakan shampoo khusus cuci motor/mobil.

"Shampoo cuci motor yang baik kandungan PH-nya mendekati angka 7 atau netral. PH yang terlalu rendah sifatnya asam, itu bahaya karena bisa mengikis lapisan pernis," pungkasnya. (lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com