Selasa, 23 Okt 2018 11:51 WIB

Apakah Alat Komunikasi Antar-pemotor Perlu Dirawat?

Luthfi Anshori - detikOto
Intercom, Alat Komunikasi Antar-pemotor. Foto: Luthfi Anshori Intercom, Alat Komunikasi Antar-pemotor. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Communication system merupakan perangkat pendukung untuk pengendara motor. Alat ini bisa menjalankan fungsi komunikasi, seperti intercom untuk komunikasi dengan sesama pengendara motor, menjawab panggilan telepon, hingga bisa untuk mendengarkan musik dan panduan navigasi GPS.

Karena tujuannya untuk penggunaan di ruang terbuka, tentunya communication system yang banyak dijual di pasaran sudah dibuat sedemikian rupa supaya tahan terhadap segala kondisi cuaca. Panas maupun hujan.



Meski demikian, bukan berarti perangkat communication system bisa bebas dari perawatan. Communication system justru harus sering dirawat.

"Iya, harus dirawat, walaupun (kebanyakan) Communication System adalah waterproof atau water resistance, pastikan dilap kering setelah terkena air hujan," kata owner Juragan Helm Agus Hermawan, di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, kepada detikOto (19/10/2018).



Selain itu, hal lain yang perlu dilakukan adalah memastikan perangkat communication system tidak sering dicas dengan beban listrik berlebih.

"Supaya baterai awet, hindari perangkat communication system dari over-charge," pungkas Agus. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed