Kamis, 11 Okt 2018 17:51 WIB

Harga Pertamax Naik, Begini Caranya Menghemat BBM Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Pemotor mengisi bensin di SPBU (Foto: Hasan Alhabshy) Pemotor mengisi bensin di SPBU (Foto: Hasan Alhabshy)
Jakarta - Pertamina resmi menaikkan harga bahan bakar non subisidi khususnya Pertamax Series dan Dex Series. Di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya harga Pertamax menjadi Rp 10.400/liter dan Pertamax Turbo menjadi Rp 12.250/ liter.

Nah, menyiasati harga BBM Pertamax yang semakin mahal, ada beberapa tips buat Otolovers nih agar konsumsi bahan bakar motor bisa dihemat. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.



Jaga Tekanan Ban

Harga Pertamax Naik, Begini Caranya Menghemat BBM MotorFoto: Rachman Haryanto

Meski terdengar sepele, menjaga tekanan angin di ban motor ternyata juga sangat penting. Sebab, jika ban motor terlalu kempis, tarikan motor akan jadi lebih berat dan otomatis kerja mesin juga makin berat. Akhirnya berdampak ke konsumsi bahan bakar.

Maka itu tekanan angin di ban harus dijaga agar sesuai kondisi idealnya. Seperti dilansir planetban.com, untuk motor matik dan bebek, tekanan ban ideal yang disarankan adalah 28-30 Psi untuk ban depan dan 34-36 Psi untuk ban belakang. Sementara untuk motor sport, untuk roda depan tekanan idealnya 32-34 Psi dan roda belakangnya 39-41 Psi.

Manfaatkan Fitur Eco Riding dan Idling Stop System

Harga Pertamax Naik, Begini Caranya Menghemat BBM MotorFoto: Dok Yamaha

Beberapa produk motor skutik terbaru saat ini sudah dilengkapi fitur ECO Riding. Fitur ini berguna membantu pengendara motor agar hemat bahan bakar. Di skutik Yamaha misalnya, lampu indikator ECO Riding biasanya akan menyala ketika motor berjalan di kecepatan antara 20 hingga 60 km/jam.

Selain ECO Riding, Otolovers bisa juga memanfaatkan fitur Idling Stop System atau Smart Stop System. Fitur ini akan membuat mesin motor mati otomatis saat kondisi langsam dan untuk menghidupkannya kembali, tinggal putar gas. Ini sangat berguna ketika motor sering melewati traffic light, agar bahan bakar motor tidak terbuang percuma.

Memutar Gas Secara Perlahan

Harga Pertamax Naik, Begini Caranya Menghemat BBM MotorFoto: Rangga Rahadiansyah

Lalu bagaimana jika tidak terdapat fitur ECO Riding di panel instrumen motor? Tenang Otolovers, kamu bisa melakukan trik ini demi menghemat konsumsi bahan bakar. Caranya adalah dengan memutar gas motor secara perlahan dan jangan membuka gas besar saat berakselerasi. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed