Rabu, 05 Sep 2018 17:00 WIB

Tips Motor

Alternatif Kampas Rem PCX Lokal, Lebih Ngegigit dan Tebal

Luthfi Anshori - detikOto
Kampas rem PCX (Foto: Muhammad Ikim) Kampas rem PCX (Foto: Muhammad Ikim)
Jakarta - Kampas rem jadi salah satu komponen penting pada motor. Meski sifatnya fast moving, kampas rem terkadang sulit dicari. Contohnya seperti yang dialami pengguna Honda PCX lokal, Dweey Ristianto, yang beberapa waktu lalu curhat di grup Facebook Honda PCX150 2018 Indonesia.

Ia mengaku mengalami kesulitan saat mencari kampas rem original Honda PCX Lokal. Klaimnya, dia sudah mencari ke berbagai bengkel AHASS, tapi tidak mendapati stok yang siap dibeli.



Kalaupun kampas remnya tersedia, menurut Dweey, perlu inden alias pesan terlebih dahulu. Kampas rem PCX lokal sendiri tidak bisa disubtitusi dengan kampas rem PCX CBU, karena kampas rem depan Honda PCX versi CBU punya 3 piston, sedangkan kampas rem depan PCX lokal hanya 2 piston. Jadi secara dimensi, ukuran kampas rem masing-masing berbeda.

Sementara untuk rem belakang, PCX CBU masih pakai teromol, tentunya tidak bisa diaplikasikan ke PCX lokal yang sudah pakai disc brake. Tapi jangan khawatir tidak bisa mendapat part subtitusinya. Karena bisa menggunakan kampas rem custom, seperti yang dijual bengkel spesialis matik RI Matic Shop.

"Subtitusi kampas rem belakang PCX lokal, kami jual versi custom-nya. Bahannya sudah semi asbestos, lebih tebal dan lebih gigit," ujar Muhammad Ikim, owner RI Matic Shop
di Jakarta Timur.

Kampas rem custom untuk PCX lokal yang dijual olehnya merupakan hasil relining. "Jadi sepatu kampasnya tetap pakai yang orisinil Honda PCX, sedangkan kampasnya buatan kami," terangnya lagi.

Jika dibandingkan dengan kampas rem belakang original PCX lokal, kampas rem custom PCX harganya lebih murah. "Kalau yang original, harganya sekitar Rp 115 ribu. Kampas rem belakang custom hanya Rp 55 ribu," lanjut Ikim.

Selain kampas rem belakang, tersedia juga kampas rem depan PCX lokal, yang dijual Rp 105.000. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com