3 Cara Mudah Merawat Rantai Motor, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 03 Sep 2018 17:24 WIB
Ilustrasi rantai motor (Foto: Luthfi Anshori)
Jakarta - Rantai berfungsi mentransfer daya dari sistem transmisi ke roda belakang motor. Oleh karena itu kondisinya wajib diperhatikan selalu agar memberikan kenyamanan saat riding.

Tidak perlu campur tangan mekanik ahli, cara merawat rantai motor pun cukup mudah, dan bisa dilakukan Otolovers di rumah sembari mengisi waktu luang.

Apa saja langkah mudah merawat rantai motor? Simak tips berikut ini.

1. Bersihkan Rantai

Rantai rentan terkena debu dan kotoran. Apalagi ketika musim penghujan, rantai gampang kena lumpur. Jika tidak segera dibersihkan, rantai akan terasa kaku dan berisik ketika motor dikendarai. Sebabnya karena chain lube yang berfungsi melumasi sudah luntur.



2. Pelumas

Setelah dibersihkan dari kotoran, jangan lupa lumasi kembali rantai dengan cairan khusus rantai motor. Jangan sekali-kali gunakan oli bekas untuk melumasi rantai ya.
Karena justru akan membuat kotoran lebih mudah menempel. Rantai motor perlu dilumasi setidaknya setiap seminggu sekali agar tidak mudah kendur.



3. Kencangkan Rantai

Nah, jika rantai sudah dirasa kendur, maka wajib disetel ulang ketegangannya. Jarak main bebas (free play) rantai motor sendiri berkisar 2,5 sampai 3 cm. Untuk
mengetahui cara mengencangkan rantai yang kendur, Otolovers perlu melihat buku panduan ya, karena setiap motor belum tentu menggunakan kunci pas yang sama untuk menyetel ketegangan rantai.

(ddn/ddn)