Kamis, 12 Apr 2018 12:19 WIB

Dianggap Membahayakan, Polisi India Copot 'Tyre Killer'

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Tyre killer di jalanan Pune India (Foto: Rushlane) Tyre killer di jalanan Pune India (Foto: Rushlane)
Pune - Sebuah kota di India punya cara unik untuk menghindari motor yang melawan arus. Di salah satu titik di Pune, India, terdapat jalan satu arah yang diberi paku antilawan arus. Paku itu namanya 'Tyre Killer'.

Diberitakan Rushlanes, Amanora Park Town, Pune, India, Tyre Killer sebelumnya telah dipasang. Strip logam itu memungkinkan kendaraan bermotor hanya bisa lewat dari satu arah. Kalau ada kendaraan yang lewat dari arah berlawanan, bisa-bisa ban kendaraan itu bocor tertusuk paku strip logam tersebut.



Banyak yang setuju dengan solusi ini. Bahkan, warganet di Indonesia juga setuju agar solusi serupa diterapkan juga di Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta.

Meski begitu, kepolisian Pune menilai solusi ini berbahaya. Polisi meminta Tyre Killer ini dicabut. Sekarang, alat anti-pelawan arus ini sudah dihapus.

"Paku itu sangat tajam dan bisa berakibat fatal jika seseorang jatuh ke sana. Terutama dengan adanya sekolah di sekitarnya, risikonya parah," kata petugas polisi Pune, JD Salaskar.



Menurutnya, alat itu dipasang tanpa seizin polisi. Meskipun telah dipasang di dalam kota, jalan tersebut digunakan oleh banyak orang dan menjadi tugas semua pihak untuk memastikan keselamatan mereka.

"Struktur ini harus dipasang di gerbang khusus dan tidak bisa digunakan di jalan seperti itu yang digunakan oleh publik. Kami telah memeriksa jalan dan kemudian mengambil keputusan ini," katanya.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed