Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 20 Maret 2018, 16:36 WIB

Tips Bersih-bersih Helm Agar Tidak Bau Apek

Dina Rayanti - detikOto
Tips Bersih-bersih Helm Agar Tidak Bau Apek Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Helm motor bisa awet digunakan kalau dirawat dan dibersihkan dengan rutin. Tapi helm tidak bisa membersihkan dirinya sendiri. Pemilik helm harus rajin membersihkannya. Membersihkan helm juga tentunya bagus bagi keselamatan si pengendara motor.

Bayangkan saja helm kotor dan bau pastinya bisa mengganggu aktivitas berkendara. Membersihkan helm bukan hanya bagian luarnya saja melainkan juga bagian dalam.



Berikut detikOto kutip dari Motorcyclist Online, Selasa (20/3/2018) perawatan sederhana helm agar tidak bau dan kotor. Pertama lepaskan visor yang ada pada helm. Setelah itu, bagian luar helm bisa dibersihkan menggunakan spons.

Kalau ada kotoran yang tidak mempan dibersihkan dengan spons, Otolovers bisa meletakkan lap basah di atas helm selama beberapa menit kemudian coba kembali mengelapnya. Untuk bagian yang sempit dimana lap atau spons tidak bisa membersihkannya, bisa menggunakan cotton buds. Setelah bagian luar dibersihkan, agar tetap kinclong bisa menggunakan cairan pengilat helm yang disemprotkan kemudian dilap kembali.

Sekarang membersihkan visornya. Membersihkan visor helm tak bisa asal-asalan, karena sudah pasti kita tidak ingin membuat goresan. Sangat tidak disarankan membersihkan visor helm menggunakan cairan yang mengandung amoniak. Nah kalau Otolovers punya cairan pembersih helm, perhatikan dulu apakah cairan tersebut mengandung amonia atau tidak ya.



Tidak harus menggunakan cairan, visor helm bisa dibersihkan dengan air hangat. Setelah menyemprotnya dengan cairan pembersih ataupun air hangat, jangan lupa dikeringkan dengan lap bersih yang terbuat dari bahan lembut.

Setelah visor dan bagian luar dibersihkan, kita bisa membersihkan bagian dalamnya. Mencuci helm pada dasarnya tidak terlalu sulit dan sama seperti kita keramas karena dibersihkan dengan sampo. Cairan yang disarankan adalah sampo bayi karena tidak mengandung residu.

Siapkan air hangat di dalam wadah. Helm tidak bulat-bulat dimasukkan ke dalam wadah. Ada beberapa bagian dalam helm yang bisa dicopot. Nah bagian-bagian tersebut lah yang dimasukan ke dalam wadah yang telah diisi air hangat sampo bayi.

Sesudahnya, bersihkan dengan air mengalir dari keran, agar kotorannya tidak kembali menempel di bagian helm. Setelah semuanya dicuci, letakkan di atas handuk kering di ruang terbuka untuk mengeringkannya. Kalau buru-buru, Otolovers bisa menggunakan bantuan kipas angin agar lebih cepat kering. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed