Selasa, 23 Jan 2018 16:05 WIB

Pemotor Sulit Identifikasi Gempa, Terasa Seperti Ban Kempis

Ruly Kurniawan - detikOto
Ilustrasi reruntuhan gempa. Foto: Dok. REUTERS/Ako Rasheed Ilustrasi reruntuhan gempa. Foto: Dok. REUTERS/Ako Rasheed
Jakarta - Gempa bumi yang mengguncang daerah Banten sangat terasa sampai Jakarta. Namun tak sedikit bagi para pengendara sepeda motor yang tidak menyadarinya ketika mereka berkendara. Memang, dengan dimensi yang lebih kecil dari mobil membuat kejadian tersebut tidak terlalu terasa.

Mengutip dari scpr, bila gempa tidak terlalu kuat memang pengendara motor tidak bisa langsung menyadarinya. Mereka kebanyakan mengira terdapat kesalahan mekanis di kendaraan yang sedang digunakan itu.



Rob Gladden, Vice President Motorcycle Safety Foundation menuturkan, ada baiknya ketika kendaraan sepeda motor seperti kempis dan tidak enak dibawa langsung menepi dan berhenti sejenak ditempat yang memungkinkan. Karena, bisa jadi hal tesebut bukan masalah mekanis melainkan gempa bumi yang ditakutkan nantinya membahayakan pengendaranya.



"Ketika gempa bumi menyerang sedangkan kita sedang berkendara motor, pertama kali memang tidak terasa. Kebanyakan mereka mengira bahwa hal tersebut dikarenakan bannya kempis atau masalah mekanis lainnya," kata Rob di laporan tersebut.

"Jadi, ketika mengalami sedikit hal seperti itu langsung turuni kecepatan dan berkendara dengan perlahan-lahan. Dalam hal ini mereka mungkin tidak menggunakan pengereman yang terlalu banyak, biarkan mesin melambat dengan sendirinya," katanya lagi. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed