Senin, 22 Jan 2018 15:09 WIB

Belajar dari Kasus Moge Masuk Jurang, Ini Pentingnya Pahami Rambu

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rambu peringatan tikungan tajam di lokasi kecelakaan moge terjun ke jurang. Foto: Screenshot video Facebook Rambu peringatan tikungan tajam di lokasi kecelakaan moge terjun ke jurang. Foto: Screenshot video Facebook
Jakarta - Rambu lalu lintas yang terpasang di jalan bukan untuk pajangan. Rambu itu terpasang untuk dipahami dan dipatuhi. Misalnya rambu peringatan yang biasanya berwarna kuning dengan gambar atau tulisan berwarna hitam.

Rambu peringatan itu berfungsi untuk memberikan peringatan kepada para pengemudi jalan bahwa di depan akan ditemukan sesuatu yang harus diwaspadai. Misalnya jalan menanjak, jalan menurun, jalan berliku, jalan licin, jalan menikung tajam dan sebagainya.



Belajar dari kasus motor gede (moge) yang jatuh ke jurang di jalur Ciletuh, Sukabumi, sebaiknya kita sebagai pengendara selalu waspada saat berkendara. Juga perhatikan rambu-rambu yang ada di jalan.

Jika melihat video yang beredar viral secara saksama, sebelum tikungan itu sudah ada rambu peringatan yang memberi informasi berupa di depan ada tikungan tajam ke kanan. Tapi, pengendara moge tersebut bukannya lebih waspada malah ngegas sehingga kehilangan kendali dan terjun ke jurang.



"Sebaiknya memperhatikan rambu-rambu serta marka jalan, pada kasus ini tampak rambu peringatan (warna kuning) yaitu panah berbelok ke kanan, tapi justru kendaraan menaikkan kecepatan," kata Andry Berlianto, Instruktur safety riding di Rifat Drive Labs yang juga punya pengalaman jelajah Nusantara dari Sumatera, Kalimantan, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores hingga Timor.

Jadi, Otolovers yang sedang berkendara sebaiknya memperhatikan, memahami, dan mematuhi rambu yang terpasang di jalan.


(rgr/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed