Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 18 September 2017, 17:51 WIB

Pertolongan Pertama Saat Terjatuh dari Moge ala Polisi

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Pertolongan Pertama Saat Terjatuh dari Moge ala Polisi Pertolongan Pertama Saat Terjatuh dari Moge ala Polisi Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Mengendarai motor besar seperti Harley-Davidson tidak boleh asal mengendarai saja, melainkan harus punya kemampuan yang mumpuni. Jika tidak, besar resiko akan cedera karena bisa terjatuh atau lainnya.

Lantas jika terjatuh dan mengalami cedera keseleo atau terkilir bagaimana mengobatinya ya?

Dalam hal ini Safety Riding & Safety Driving Ditlantas Polda Metro Jaya, Aiptu Bambang Margono menjelaskan ada beberapa proses mudah untuk memulihkan cedera tersebut.

Cara ini kerap dilakukan pada para anggota Polisi Brigade Motor (BM) jika mengalami cedera terkilir yang berakibat bengkak saat latihan.

"Itu kan paling kaya darah ngumpul gitu, jadi ga jalan dia (darahnya). Istirahat, kita urut-urut, diperban," ujarnya saat ditemui detikOto, di Pusdik Lantas Polri, Serpong, Tangerang.

Setelah itu, dibutuhkan es batu untuk bisa ditempelkan pada bagian yang bengkak karena terkilir.

"Biar bagian yang bengkak itu cepet kempes. Nanti kalau sudah kering, disiram lagi," kata Bambang.

Terakhir, orang yang mengalami cedera harus memakan telur mentah. Hal tersebut dibutuhkan karena telur memiliki kandungan kalsium.

"Minimal tiga (telur) sekali makan, untuk pemulihan tulangnya, kan kalsiumnya yang diambil, di putih telurnya tuh," papar Bambang. (khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +