Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 18 Mei 2017, 12:12 WIB

Tips Motor

Ini Ban Motor yang Ideal Kata Polisi

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ini Ban Motor yang Ideal Kata Polisi Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Ban merupakan komponen pada kendaraan yang langsung bersentuhan dengan jalan. Untuk itu diperlukan perhatian lebih dalam memilih ban, termasuk pada motor.

Pemilihan ban yang ideal menurut Safety Riding & Safety Driving Ditlantas Polda Metro Jaya, Aiptu Bambang Margono adalah ban yang memiliki kembangan yang banyak.

"Kita tidak berbicara kembangan ban (motor) untuk sirkuit ya, ini yang harian, baik yang besar maupun kecil itu penitng sekali," ujarnya di Jakarta.

Selain pemilihan ban dengan kembangan yang banyak, dinding ban yang keras juga dikatakan Bambang penting untuk diperhatikan.

"Dinding samping ban harus yang keras. Apa lagi kalau kita gemar naik motor terus, yang biasa juga bergerak di malam hari, kalau dinding samping roda tidak keras, pas bocor timbul hal-hal yang tidak kita inginkan, memengaruhi keselamatan kita," tuturnya.

Lanjut dirinya menjelaskan, jika dinding samping ban yang digunakan oleh si pengemudi tidak keras dan tebal, saat terjadi kebocoran, motor hanya bisa mencapai jarak satu kilometer tanpa angin.

"Ini berisiko, apapun merek-nya, cari yang dinding samping keras dan kembangannya banyak, itu idealnya," ucap Bambang.

Jika ban yang digunakan si pengemudi mempunyai kadar ketebalan dan kekerasan yang baik, kata Bambang, masih dapat berjalan sekitar 25 kilometer saat ban itu bocor, tanpa ada angin. "Baik ban tubeless, maupun tube type (pakai ban dalam)," pungkasnya.





(khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed