Jumat, 23 Jan 2015 20:02 WIB

Tips

3 Keuntungan Motor Pakai Ban Radial

- detikOto
Jakarta - Tipe struktur ban bias dan ban radial tentu memiliki perbedaan yang signifikan. Masing-masing tipe ban tersebut menawarkan keunggulan untuk tipe motor yang berbeda. Ban bias kerap kali digunakan pada motor-motor bebek dan skuter matik (skutik). Sebab, kedua motor itu tidak terlalu membutuhkan ban yang memiliki kontur yang kuat.

Namun, motor sport dianjurkan untuk menggunakan ban radial yang memiliki kontur yang lebih kuat. Soalnya, performa motor sport akan lebih maksimal dengan menggunakan ban radial.

Country of Sales & Marketing 2Wheels Division PT Michelin Indonesia Bayu Surya Pamugar Sugeng menuturkan, perbedaan kedua tipe ban itu hanya satu yaitu pada konstruksinya. Ban bias menggunakan serat nilon sementara ban radial menggunakan serat baja.

Ban radial

Michelin Konstruksi ban Radial

Ban bias

Konstruksi ban Bias


Namun, perbedaan kontruksi tersebut memiliki dampak yang sangat signifikan.

"Yang pertama, pada saat menyentuh jalanan, ban bias ketekan depan sama belakang. Kalau radial menyebar ke samping kanan dan kri. Efeknya apa? Kalau ban lebih lebar maka dia lebih nge-grip (lebih menggigit jalan)," kata Bayu di sela acara Mini Gathering Michelin 2Wheels di Jakarta, Jumat (23/1/2015).

Dengan begitu, ban akan menghasilkan gesekan yang merata pada permukaan jalan. Beban yang diangkut motor sport itu pun akan terdistribusi merata. Hasilnya, usia pakai ban radial lebih lama.

"Kedua kalau ban bias itu, panasnya tidak merata. Tapi kalau ban radial panasnya menyebar. Jadi usia pakai ban akan lebih lama. Bukan habis di tengah. Karena panasnya menyebar," lanjut Bayu.

Keunggulan ban radial dibandingkan ban bias yang ketiga adalah ban radial yang lebih elastis. Hal itu akan lebih menawarkan kenyamanan bagi pengendaranya.

"Kenapa sekarang semua mobil bannya radial? Salah satunya orang naik mobil pengen lebih nyaman. Walaupun ada shockbreakernya, bannya juga bisa kasih kenyamanan. Dia punya elastisitas yang lebih bagus walaupun dia pakai serat baja," tambah Bayu.

Diyakini, masih banyak pemilik motor sport yang menggunakan ban bias. Padahal, motor sport lebih cocok menggunakan ban radial dengan keunggulan-keunggulannya. Namun, hal itu kembali lagi kepada pemilik motor sport tersebut.

"Sama saja kalau kita ngomong sebuah handphone inti fungsi utamanya adalah komunikasi. Kalau secara fungsi sama kenapa orang lebih milih (handphone) yang lebih kecil. Sama dengan sebuah ban, ketika orang punya motor sport yang menuntut performa yang lebih baik, otomatis dia ingin ban yang lebih baik juga," ujar Bayu.

Ban radial ini lebih cocok untuk motor sport bermesin 150 cc ke atas. Namun, motor matik dengan kapasitas mesin yang besar juga dianjurkan menggunakan ban radial.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com