Rabu, 12 Mar 2014 16:08 WIB

Cara Mudah Merawat Suspensi Motor

- detikOto
Jakarta - Orang bijak berkata, lebih baik mencegah dari pada mengobati sepertinya juga akan berlaku untuk setiap pengendara dalam merawat kendaraan kesayangan. Termasuk merawat suspensi.

Nah, untuk itu tidak ada salahnya untuk Otolovers mengetahui bagaimana sih cara sederhana untuk merawat suspensi kendaraan yang baik agar lebih awet.

"Sebenarnya sangat mudah dalam merawat suspensi motor. Selain tidak ditabrakkan dengan kendaraan lain atau terjatuh," kata mekanik khusus suspensi Tovan (24).

Suspensi depan

Untuk suspensi depan Otolovers harus benar-benar memperhatikan 2 bagian penting bagian atas suspensi (terlihat mengkilap seperti di krom atau tabung besi) dan bawah yang tertutup dengan plastik.

Merawatnya ternyata cukup mudah, pastikan Otolovers terus bersihkan bagian atas suspensi, agar tidak ada kotoran yang menuju ke bawah.

Setelah itu pastikan tutup abu (tutup antara bagian atas dan bawah) tidak ada debu, dengan membuka tutup abu lalu bersihkan. Kalau sudah longgar harus diganti karena bisa masuk air yang akan merusak suspensi.

Suspensi belakang

Agar lebih awet, bersihkan as (poros) pastikan tidak ada debu atau kotoran yang mengerak.

Periksa secara berkala karet shock bagian atas dan bawah, kalau sudah longgar atau oblak harus diganti. Kalau tidak diganti maka bisa membuat hidrolik di dalamnya jadi bocor.

Selanjutnya pastikan juga baut harus selalu bersih, karena kalau karatan mengurangi daya ayun suspensi belakang.



(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia Selengkapnya