Hadapi Cuaca Ekstrem, Pahami Cara Berkendara Aman di Jalan Tol

ADVERTISEMENT

Hadapi Cuaca Ekstrem, Pahami Cara Berkendara Aman di Jalan Tol

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 29 Des 2022 18:02 WIB
detikcom bersama Toyota Cross Hybrid sukses menjelajah beragam medan dalam Road Trip Jakarta-Bali. Salah satunya hujan deras yang mengguyur selama perjalanan.
Tips berkendara mobil di cuaca ekstrem. Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis potensi cuaca ekstrem di sebagian wilayah Indonesia selama 28-30 Desember 2022. Bagi yang hendak melakukan perjalanan liburan Nataru (Natal dan Tahun Baru), perlu memperhatikan cara berkendara aman di jalan tol.

Dikutip dari detikNews, berdasarkan prakiraan berbasis dampak Impact-Based Forecast (IBF) oleh BMKG, daerah yang ditetapkan berstatus SIAGA di periode tanggal tersebut yaitu sebagian Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, hingga NTT.

"Wilayah tersebut diprakirakan dapat mengalami hujan lebat yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rilisnya di Jakarta (28/12).

ASTRA Tol Cipali dalam keterangan resminya terus mengimbau kepada para pengguna jalan agar selalu tertib berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas kecepatan, minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam saat kondisi jalanan kering.

"(Tapi) dalam kondisi penghujan, diimbau untuk memacu kendaraan dalam batas kecepatan maksimal berkendara 70 km/jam," tulisnya dalam keterangan resmi yang diterima detikOto (29/12).

Salah satu bahaya yang harus diantisipasi para pengguna jalan tol adalah aquaplanning. Aquaplaning merupakan sebuah fenomena, di mana ban mobil kehilangan traksi saat melewati genangan air dalam kecepatan tinggi. Efeknya, mobil serasa melayang di atas air dan tak jarang berujung kecelakaan fatal.

Selain memperhatikan cara berkendara, hal lain yang perlu dilakukan adalah pengecekan kendaraan juga kemampuan fisik pengemudi.

"Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi kendaraan dan tekanan ban Anda. Apabila telah 4 jam mengemudi atau kondisi fisik sudah lelah segeralah beristirahat di 8 rest
area yang tersebar di Tol Cipali, baik arah Jakarta maupun arah Cirebon. Apabila mengalami kendala di jalan tol, Petugas Traffic Monitoring Center (TMC) siap siaga 24 jam untuk membantu pengguna jalan di line telepon 0260 7600 600 atau 081 1234 7600".



Simak Video "Potensi Cuaca Ekstrem Hingga Langkah Antisipasi BNPB"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT