Mulai Rp 150 Ribuan, Ini Tips Memilih Lampu LED Aftermarket Buat Mobil dan Motor

ADVERTISEMENT

Mulai Rp 150 Ribuan, Ini Tips Memilih Lampu LED Aftermarket Buat Mobil dan Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 11 Des 2022 16:13 WIB
Tips memilih lampu LED buat mobil
Foto: Dok. Rayton Indonesia. Tips memilih lampu LED buat mobil.
Jakarta -

Jangan asal pasang lampu LED aftermarket di mobil ataupun motor, sebab jika salah pilih, maka usia pakainya tidak akan awet. Berikut adalah tips memilih lampu LED buat mobil dan motor. Harga lampu LED aftermarket ditawarkan mulai Rp 150 ribuan.

Seperti dijelaskan Rayton Indonesia dalam keterangan resminya, lampu LED memiliki keunggulan karena lebih terang dan hemat energi, sehingga tidak mengganggu sistem kelistrikan di kendaraan.

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin menggunakan lampu depan LED aftermarket adalah, memilih yang teruji kualitasnya. Pastikan mereknya dikenal luas dan memiliki distributor resmi di Indonesia.

Selanjutnya, pilihlah lampu LED yang telah dibekali relay, heat sink, ataupun kipas agar LED tidak mudah panas, sehingga umur pakainya bisa lebih tahan lama. Lalu pastikan pilih lampu LED yang sinarnya terfokus tidak melebar. Kemudian pastikan pula LED tak mudah mati ketika terkena goncangan.

"Tak kalah penting, sesuaikan temperatur warna lampu LED. Semisal kegunaannya untuk lampu utama, lampu senja, lampu dim, atau buat lampu kabut. Tujuannya agar tidak menyilaukan dan membahayakan pengendara lain," saran National Sales Manager Rayton Indonesia, Tommy.

Untuk lampu utama, sebaiknya pilih temperatur 4.300K (Kelvin) berwarna putih kekuningan atau temperatur 6.000K berkelir putih bening. Berikutnya lampu dim, temperatur yang disarankan adalah 4.300K, sehingga tak bikin silau pengendara lain dari arah berlawanan.

Adapun untuk lampu kabut dianjurkan pakai temperatur 2.800K-3.000K berwarna kuning keemasan, atau bisa memakai 4.300K berwarna putih kekuningan agar sorotannya sanggup menembus derasnya hujan dan kabut.

Tips memilih lampu LED buat mobilTips memilih lampu LED buat mobil Foto: Dok. Rayton Indonesia

Harga Lampu LED

Tommy menjelaskan, pasar lampu LED aftermarket sudah banyak variannya, sehingga pihaknya lebih spesifik dalam menentukan tipe dan jenis, sesuai dengan customer wants dan costumer need-nya.

"Kami memiliki 3 segmen varian lampu LED, yaitu tipe standard, tipe middle atau menengah, dan tipe premium. Semua tipe ini tentunya dengan spesifikasi OEM Quality," ujar Tommy.

Berkat adanya tipe dan segmentasi, RTD by Rayton berharap konsumen LED otomotif di Indonesia dapat tepat guna dalam memilih lampu LED otomotif, yakni sesuai fungsi dan kebutuhannya.

Perlu diketahui, perbedaan 3 tipe lampu RTD by Rayton terletak pada build quality, harga, uniqness dan value dari masing-masing segmen tersebut. "Misal untuk tipe standard, di harga 150 ribuan dengan build quality standard dan watt yang rendah di 26 watt. Lalu untuk tipe middle kita memiliki range harga di Rp 250 hingga 300 ribuan. Sementara untuk tipe premium di atas Rp 300 ribuan dan tidak lebih dari Rp 600 ribu," jelas Tommy.



Simak Video "Kapan Sebaiknya Motor Ganti Oli?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT