Ini Tanda-tanda Mobil Sudah Pernah Turun Mesin

ADVERTISEMENT

Ini Tanda-tanda Mobil Sudah Pernah Turun Mesin

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 19 Nov 2022 08:02 WIB
Pasar mobil bekas Tanah Air diprediksi mengalami peningkatan di tahun ini. Meskipun saat ini pandemi Covid-19 kembali meningkat, namun hal tersebut dianggap bukan menjadi halangan bagi penjualan mobil bekas di Indonesia, Minggu, 27/2/2022.
Ilustrasi pengecekan mobil bekas. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Membeli mobil bekas memang susah-susah gampang. Kamu yang kepincut beli mobil bekas harus ekstra teliti supaya tidak kecewa di kemudian hari. Perlu juga diketahui apakah mobil pernah mengalami turun mesin atau tidak.

Bila sudah pernah, artinya mobil pernah mengalami kerusakan yang cukup berat. Sebisa mungkin hindari membeli mobil yang pernah turun mesin supaya kamu tidak merasa dirugikan.

Laman Daihatsu menjabarkan ada beberapa tanda yang bisa diketahui untuk mengenali mobil sudah pernah turun mesin atau belum, berikut penjabarannya.

1. Ada Goresan di Lubang Baut Blok Mesin

Untuk memastikan mobil pernah turun mesin, kamu bisa mengecek bagian baut blok mesin. Bila ada goresan halus, besar kemungkinan mobil pernah turun mesin. Goresan itu muncul karena mekanik bengkel membuka seluruh baut tersebut. Bila usia mobil sudah cukup tia, baut akan sulit dibuka dan menimbulkan goresan itu.

2. Terdapat Segel

Segel mesin baru juga menjadi ciri dari mobil yang pernah mengalami turun mesin. Bila mobil tak pernah turun mesin maka tidak menggunakan seal silikon. Seal silikon ini kemungkinan besar mobil pernah dibongkar dan dirakit kembali. Seal ini mudah dikenali karena beda dengan komponen lain di mesin.

3. Performa Mesin Berubah

Jika mobil yang kamu beli usianya lebih dari lima tahun tapi performanya seperti baru, patut dicurigai pernah turun mesin. Bisa jadi mesin jadi lebih optimal dan bertenaga dari yang seharusnya.

4. Suara Mesin Berubah

Kamu juga bisa mengenali mobil yang turun mesin lewat suara yang dihasilkan. Kamu bisa mengajak yang sudah ahli untuk mengenali suara tersebut guna memastikan apakah benar mobil sudah pernah turun mesin.

5. Ruang Mesin Terlalu Bersih

Ketika melihat mesin mobil kondisinya sangat mulus dan bersih padahal usianya juga sudah cukup tua. Boleh jadi kondisi ruang mesin yang terlalu bersih karena mobil sudah pernah turun mesin. Mengapa demikian? Ketika mobil mengalami turun mesin komponennya diangkat, diperbaiki, serta dibersihkan.



Simak Video "Mau Beli Mobil Bekas? Simak Tandanya Jika Mobil Pernah Turun Mesin"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT