Agar Mobil Terhindar dari Jamur dan Karat

ADVERTISEMENT

Agar Mobil Terhindar dari Jamur dan Karat

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 15 Nov 2022 20:36 WIB
Agar mobil terhindar dari jamur dan karat
Foto: Dok. Auto2000. Agar mobil terhindar dari jamur dan karat.
Jakarta -

Memasuki musim hujan, pemilik mobil harus lebih ekstra lagi melakukan perawatan kendaraannya. Selain bertujuan untuk keselamatan di jalan, juga agar mobil lebih awet dan tampilannya tetap terjaga. Salah satu masalah yang menghantui adalah timbulnya jamur dan karat pada bodi mobil.

Berikut cara agar mobil terhindar dari jamur dan karat, seperti dijelaskan Auto2000:

1. Lokasi Parkir Mobil

Sebisa mungkin pastikan mobil diparkir di lokasi yang memiliki atap. Ini menghindari bodi mobil dari terpaan curah hujan secara langsung, begitu juga apabila tiba-tiba matahari muncul dari balik awan, dan menyorot langsung ke bodi mobil.

2. Rajin Mandikan Mobil

Jangan biarkan air hujan menempel terlalu lama di tubuh mobil, segera mandikan mobil atau semprot dengan air setelah mobil diguyur hujan, supaya tak meninggalkan jamur. Jangan hanya bodinya saja, tapi juga bagian kolong mobil di mana berpotensi terkena cipratan genangan air hujan, yang tercampur dengan zat-zat kimia dan bisa menyebabkan karat.

Mencuci mobil secara menyeluruh juga sebaiknya dilakukan oleh pemilik mobil, ketika mobil baru saja melalui wilayah yang dekat dengan pantai atau bahkan terkena air pantai yang mengandung garam berlebih.

3. Waspada Getah dan Serangga

Pada saat perjalanan panjang atau ke luar kota, pastikan bodi mobil aman dari bekas-bekas benturan dengan serangga atau terkena getah pepohonan. Bila ternyata ditemukan kondisi seperti itu, sebaiknya jangan dibiarkan lama dan sebaiknya langsung cuci mobil, dengan sampo mobil yang direkomendasikan.

4. Goresan Pada Cat Mobil

Kemudian yang perlu juga jadi perhatian, pastikan cat pada bodi mobil tidak ada yang terkelupas, entah itu akibat benturan atau hal lainnya. Pasalnya celah tersebut bisa berpotensi menyebabkan karat pada bodi mobil.

"Jamur dan karat, tak hanya bisa membuat tampilan mobil kurang sedap dipandang, tetapi juga bisa membuat komponen kendaraan menjadi lebih cepat rusak. AutoFamily sebaiknya secara rutin untuk melakukan perawatan kendaraan," terang Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara.



Simak Video "Cara Menjaga Cat Mobil Agar Awet Kinclongnya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT