Cuaca Tidak Menentu, Begini Cara Merawat Mobil Agar Tetap Prima

ADVERTISEMENT

Cuaca Tidak Menentu, Begini Cara Merawat Mobil Agar Tetap Prima

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 30 Okt 2022 16:15 WIB
Cuaca tidak menentu, begini cara merawat mobil agar tetap prima
Foto: Dok. Scuto Indonesia. Cuaca tidak menentu, begini cara merawat mobil agar tetap prima.
Jakarta -

Kondisi cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini membuat pemilik mobil harus melakukan perawatan ekstra agar penampilan mobil kesayangannya selalu terjaga. Bagaimana caranya ya?

Cuaca hujan, panas, dan udara lembab, bisa membuat kondisi mobil menjadi rentan terhadap kotoran. Bila jarang dibersihkan, mobil akan mudah terkena berbagai 'penyakit' pada eksteriornya.

Dijelaskan Scuto Indonesia, berikut beberapa cara untuk merawat eksterior mobil di musim pancaroba:

Bagian eksterior menjadi yang terpenting. Alasannya karena kebersihan pada bagian ini menjadi cermin dari pribadi pemilik kendaraan. Untuk itu menjaga dan merawat eksterior terbilang cukup penting dan tampil lebih personal.

Langkah awal bisa dilakukan pada bagian bodi dan cat. Jangan biarkan air hujan meninggalkan noda. Segera bilas dan bersihkan setelah hujan. Poles bodi bisa melindungi cat mobil untuk kondisi panas dan hujan. Selanjutnya, bagian kaca yang paling rentan terkena jamur kaca. Bersihkan kaca mobil dan cuci dengan sampo hingga bersih. Untuk lebih efektif bisa gunakan obat jamur kaca.

Sementara untuk jenis komponen krom, Cukup bersihkan memakai air dan dilap menggunakan kain lembut. Kalau noda masih bandel, bersihkan dengan lap microfiber dan bantuan wax atau kompon kering yang memiliki butiran halus.

Selanjutnya untuk karet wiper, sebaiknya dilap untuk menghilangkan debu dan kotoran. Bila karet wiper telah getas atau rusak agar diganti baru. Tabung air wiper jangan lupa dicek, pastikan tabung wiper terisi air atau wiper fluid.

Sedangkan bagian velg, sebelum mencuci bagian ini, pastikan membersihkan bagian sepatbor terlebih dahulu. Gunakan sampo atau cairan khusus untuk velg. Siapkan pula spons yang memiliki tekstur halus agar tak merusak permukaan velg. Gunakanlah sikat gigi atau kuas untuk menggapai daerah yang sulit dijangkau seperti pada velg jari-jari. Bila sudah bersih, keringkan dengan lap berbahan shammy atau chamois.

Langkah terakhir untuk menjaga kilau cat, baiknya lakukan maintenance perawatan secara berkala. Hal ini untuk memberikan perlindungan terhadap cat kendaraan Anda. Selain itu, perawatan secara berkala untuk menjamin tampilan mobil Anda lebih terjaga.

Scuto Paint Palembang Hadirkan Layanan Perbaikan Bodi dan Cat Standar Pabrikan

Setelah menghadirkan outlet Scuto Paint di kawasan Sawangan, BSD, Jatijajar, Condet, serta Alam Sutera, Scuto Group kembali meresmikan Scuto Paint Palembang yang terletak di Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatra Selatan.

"Kehadiran Scuto Paint Palembang bertujuan agar lebih mendekatkan diri kepada konsumen yang berdomisili di wilayah Palembang dan sekitarnya," kata Sugiarto Ongko selaku CEO Scuto Group.

Berbagai layanan dihadirkan, mulai dari pengecatan kendaraan dengan cat kualitas standar pabrikan (OEM), hingga perbaikan bodi bisa dilakukan seperti baret-baret pada bodi, hingga penyok.

"Tujuan kami ingin mempermudah konsumen dalam merawat kendaraan seperti layaknya tampil baru. Dikemas dengan hasil cat standar pabrikan (OEM), namun dikemas dengan harga yang relatif terjangkau. Sehingga membuat mobil Anda kembali tampil prima," tambah Andes Dexa Rizky SHI selaku mitra dari Scuto Paint Palembang.

Konsumen yang berada di area Palembang dan sekitar, bisa menikmati program spesial selama periode Grand Opening (berlaku s/d 15 November 2022). "Scuto Paint Palembang suguhkan paket full body repaint get free glass coating senilai Rp 1,5 juta. Selain itu untuk pengecatan minimal 3 panel get free glass coating untuk kaca depan mobil Anda," tambah Try Agung Hartanto selaku Marketing Manager Scuto Group.



Simak Video "Cara Menjaga Cat Mobil Agar Awet Kinclongnya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT