ADVERTISEMENT

Harga Pertalite Segera Naik, 5 Tips Ini Bisa Bikin Bensin Mobil Irit

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 31 Agu 2022 10:34 WIB
Warga melakukan pengisian BBM jenis Pertamax di SPBU Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2022). Kabar berhembus BBM Ron 92 Pertamax bakal naik pada 1 April 2022. Kenaikan harga ini memang santer dikabarkan seiring dengan melejitnya harga minyak dunia.
Cara biar mobil irit saat harga bensin mahal (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah dikabarkan akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Harga Pertalite disebut akan naik dalam waktu dekat.

Di saat harga bahan bakar sedang mahal, kamu bisa membuat pengeluaran lebih irit dengan lima cara ini. Cara ini akan membuat konsumsi bahan bakar kendaraan jadi lebih irit.

Benny Fajarai, Co-Founder dari Lifepal, salah satu insurance marketplace, memberikan tips solusi untuk menekan biaya konsumsi bahan bakar minyak. Apa saja tipsnya?

1. Jaga kecepatan kendaraan secara konstan.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat mobil tetap irit bahan bakar adalah menjaga kecepatan kendaraan. Agar bahan bakar mobil kamu tetap irit, sebaiknya kendarai mobil dengan hati-hati dan tidak perlu agresif. Hindari terlalu menekan pedal gas. Menginjak pedal gas seperlunya bisa membuat bahan bakar jadi lebih irit dan terkontrol.

Sebaiknya hindari juga kebiasaan mengerem mendadak atau mengendarai dengan kecepatan tinggi karena bisa membuat bahan bakar lebih boros. Tak ada salahnya untuk mencoba mengatur kembali kecepatan kendaraan.

Intinya, tetap jaga laju kendaraan konstan atau tidak berubah drastis untuk menghemat bahan bakar. Cara ini juga akan membantu kamu lebih aman berkendara di jalan.

2. Periksa Ban

Memeriksa tekanan angin ban tidak kalah penting. Ban yang tekanan anginnya di bawah standar membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Jika tekanannya rendah atau ban kempis, segera isi angin. Namun, bila terjadi kebocoran jangan ragu untuk segera mengganti ban. Sama halnya pada ban mobil yang botak, sebaiknya kamu tidak menunggu terlalu lama untuk menggantinya dengan yang baru.

3. Rencanakan rute terbaik

Sebelum memulai berkendara sebaiknya merencanakan dulu tujuan dan rute yang terbaik. Cari rute yang setidaknya lebih lancar. Selain dapat melihat keadaan lalu lintas, kamu juga dapat mengurangi penggunaan bahan bakar yang disebabkan kemacetan maupun salah jalan.

4. Perawatan rutin

Melakukan servis berkala turut mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Lakukan pengecekan secara rutin dan pembersihan pada berbagai komponen untuk memastikan tidak ada kotoran, endapan, atau hal-hal lain yang dapat menghambat kinerja mesin.

5. Gunakan bahan bakar yang tepat

Untuk menghindari BBM boros pada mobil injeksi, ikuti rekomendasi produsen mobil untuk menggunakan bahan bakar. Baca buku manual pemilik kendaraan untuk mengetahui bahan bakar yang cocok apakah RON 90 seperti Pertalite, 92 seperti Pertamax, atau bahkan beberapa mobil ada yang disyaratkan untuk menggunakan bensin dengan minimum RON 95.



Simak Video "Harga Bensin Mahal! Lakukan Ini Biar Mobil Jadi Irit"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT