ADVERTISEMENT

Waspada, Sering Matikan Motor Pakai Standar Samping Bisa Bikin Aki Soak!

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 19 Jul 2022 17:18 WIB
PT Astra Honda Motor merilis motor skutik terbaru andalannya Honda Vario 160, Rabu (2/2/2022). Skutik ini mendapat pembaruan dari segi fitur, rangka eSAF, desain, dan juga mesin ESP+.
Hindari kebiasaan mematikan motor dengan menggunakan standar samping. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Semakin ke sini, teknologi pada kendaraan bermotor makin maju. Salah satunya adalah 'Side Stand Switch'. Side Stand Switch ini merupakan salah satu fitur yang memudahkan pengoperasian motor matic. Fitur ini bekerja ketika standar samping diturunkan, maka mesin secara otomatis akan mati.

Mengutip laman Wahana Honda, Pada bagian pangkal standar, dihubungkan dengan engine control unit (ECU) untuk memutus sistem pengapian secara otomatis. Saat standar samping digunakan, mesin motor tidak akan bisa dinyalakan sehingga potensi kecelakaan karena tuas gas terputar.

Kemudahan ini tentu dimanfaatkan para pengguna motor matic. Tak jarang ditemukan, beberapa pengendara justru mematikan motor lewat standar samping sementara kunci kontak belum diputar ke posisi 'Off'. Kamu yang sering melakukan ini sebaiknya lebih waspada. Pasalnya, kebiasaan ini bisa memicu aki jadi cepat soak. Kalau sudah begitu, kamu harus mengganti aki lebih dulu padahal belum waktunya.

"Pada dasarnya tidak masalah, namun ada potensi hal ini membuat aki soak. Jadi saat standar samping diturunkan, kunci kontak harus segera di posisikan ke off," tulis Wahana Honda.

Wahana lebih lanjut menjelaskan, ketika standar samping diturunkan mesin memang mati namun fungsi kelistrikan masih bekerja. Bisa diperhatikan lampu LED dan panel instrumen motor masih menyala.

Kalau kebiasaan ini terus-menerus dilakukan, aki jadi cepat tekor. Apalagi pada motor yang lampunya belum LED, membutuhkan arus listrik yang lebih besar.

Pun demikian dengan para pengguna motor sport, bila kamu mematikan mesin menggunakan switch cut off yang ada di stang motor sport dan kunci kontaknya tidak di off, pasti aki akan lebih cepat soak. Untuk menghindari hal itu, pastikan kunci kontak kamu sudah di posisi 'Off' ya supaya aki bisa bekerja lebih optimal sesuai masa pakainya.



Simak Video "Aki Motor Soak? Ingat, Tak Disarankan untuk Dijumper Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT