Kenali 6 Ciri-ciri Mobil Mulai Boros Bensin

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 19 Jun 2022 08:05 WIB
Jakarta -

Setiap pemilik mobil tentu menginginkan konsumsi bahan bakar yang irit agar pengeluaran menjadi hemat. Namun jika mobil jarang mendapat perawatan rutin di bengkel, maka bisa saja bahan bakar menjadi lebih boros dari biasanya.

Terkadang, masih ada pengendara mobil yang tidak menyadari kalau bahan bakar mobilnya mulai boros. Padahal, jika didiamkan tentu akan membuat isi dompet terkuras karena harus rutin mengisi BBM di SPBU. Untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui ciri-ciri mobil mulai boros bensin seperti dikutip laman Auto2000.

1. Sering Mengisi Bensin

Hal pertama yang perlu kamu sadari jika bensin mulai boros adalah terlalu sering mengisi bahan bakar di SPBU. Jika kamu baru saja mengisi BBM kemarin pagi dan sudah harus membeli bensin pada sore hari ini, maka dapat dikatakan mobil boros bensin.

2. Asap Knalpot Menghitam

Ciri-ciri selanjutnya bensin mobil mulai boros adalah asap knalpot menghitam. Kemungkinan besar hal ini terjadi karena masalah di dalam karburator mobil.

Masalah pada karburator diakibatkan oleh penyumbatan pipa-pipa kecil yang membuat aliran bensin menjadi terganggu. Hal ini tidak boleh dibiarkan karena akan mengakibatkan konsumsi bensin yang tidak efisien dan kerusakan bisa menyebar ke komponen lainnya.

3. Suara Mesin Mulai Kasar

Apabila mulai terdengar suara mesin kendaraan yang kasar dan berisik maka bisa dipastikan bahwa mobil memiliki masalah. Bukan saja mengakibatkan konsumsi bensin boros, namun juga berdampak pada keseluruhan kinerja mesin kendaraan. Hal ini bisa diakibatkan oleh kondisi klep yang terlalu rapat atau longgar.

4. Sulit Menginjak Pedal Gas

Kesulitan menginjak pedal gas juga menjadi ciri mobil yang boros bensin. Pedal gas yang berat dan terus diinjak akan membuat bahan bakar habis dengan sangat cepat.

Hal ini diakibatkan karena filter udara tersumbat oleh debu dan kotoran lainnya. Maka dari itu, semua debu dan kotoran perlu dibersihkan supaya mobil kembali bertenaga dan siap untuk diajak berkendara.

5. Bau Bensin Menyengat

Ciri-ciri selanjutnya adalah muncul bau bensin yang sangat menyengat. Dapat dipastikan bensin dalam tangki bocor dan menyebabkan penurunan bahan bakar secara drastis. Aroma bensin yang terus tercium harus kamu waspadai agar kebocoran tidak berlanjut.

6. Penggunaan Velg yang Tidak Sesuai

Jangan salah, penggunaan velg mobil yang tidak sesuai bisa jadi salah satu ciri-ciri penyebab bensin mobil boros. Soalnya, velg mobil yang terlalu besar akan membuat komponen lain bekerja lebih keras dari biasanya. Hal ini juga bisa menjadi penyebab mengapa bensin mobil habis dengan cepat.

(dry/rgr)