ADVERTISEMENT

Hindari Parkir Mobil di Bawah Pohon, Ini Sebabnya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 18 Jun 2022 17:45 WIB
Sejumlah mobil parkir di kawasan IRTI Monas, Jakarta, Selasa, (22/6/2021).
Sebisa mungkin hindari parkir mobil di bawah pohon. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Sering kali ditemukan pengendara mobil yang sengaja mencari tempat parkir di bawah pohon yang rindang. Alasannya agar mobil tidak terpapar sinar matahari langsung, sehingga suhu di dalam kabin mobil tetap sejuk.

Akan tetapi, ada sejumlah risiko yang menanti jika memarkir kendaraan tepat di bawah pohon. Apalagi jika cuaca di kota tempat tinggal kamu tengah diguyur hujan, parkir mobil di bawah pohon justru berbahaya.

Dilansir dari laman Daihatsu, berikut ada empat risiko jika kamu parkir mobil di bawah pohon.

1. Rawan Tertimpa Pohon Tumbang

Saat masuk musim panas, tentu banyak pengendara mobil yang sengaja menempatkan kendaraannya di bawah pohon agar mobil tetap sejuk. Akan tetapi, hal tersebut tidak selamanya aman untuk mobil kamu.

Parkir mobil di bawah pohon justru berpotensi rawan celaka, salah satunya adalah rawan tertimpa pohon yang tumbang. Apalagi akhir-akhir ini hujan tengah mengguyur sejumlah kota, terkadang juga diiringi dengan angin yang cukup kencang.

Untuk itu, kamu perlu lebih berhati-hati dan waspada saat memarkir mobil. Usahakan tidak menempatkan mobil di bawah pohon, agar mobil bisa terhindar dari pohon tumbang yang cukup besar dan sudah tua. Jika ini terjadi, tentu menyebabkan kerusakan besar pada mobil dan bisa menimbulkan korban jiwa.

2. Tertimpa Buah Jatuh dari Pohon

Alasan selanjutnya adalah mobil dapat tertimpa buah yang jatuh dari pohon. Tentu saja hal ini tidak bisa dianggap sepele. Bisa dibayangkan jika mobil yang kamu parkir ternyata berada di bawah pohon buah durian, kelapa, hingga sejumlah buah lain yang berukuran besar. Hal ini dapat membuat body mobil penyok atau kaca depan pecah.

3. Terkena Getah Pohon

Selain itu, risiko jika menempatkan mobil di bawah pohon adalah mobil bisa terkena getah pohon yang lengket. Hal ini biasanya tidak disadari oleh banyak pemilik mobil, sebab kejadiannya tidak terduga.

Bila tidak dicek dan dibersihkan cepat-cepat, maka getah pohon akan sulit untuk dihilangkan. Bahkan, getah pohon cukup berbahaya karena bisa masuk ke pori-pori mobil dan merusak cat.

4. Terkena Kotoran Burung

Alasan terakhir untuk tidak menempatkan mobil di bawah pohon adalah terkena kotoran burung. Soalnya, burung-burung sering hinggap di pohon dan meninggalkan sarangnya.

Alhasil, menempatkan mobil di bawah pohon lebih berisiko terkena kotoran burung. Apabila mobil terkena kotoran dan tidak segera dibersihkan, hal ini juga dapat merusak cat mobil. Apabila kotoran menimpa kaca mobil, hal ini dapat mengganggu pemandangan saat berkendara.



Simak Video "Jangan Ketuker! Tarik Rem Tangan atau 'P' Dulu?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT