5 Tips Beli Mobil Baru untuk Kaum Milenial

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 12 Jun 2022 08:25 WIB
Auto2000 di GIIAS 2019 Surabaya
5 tips beli mobil baru untuk kaum milenial. Foto: Auto2000
Jakarta -

Mobil menjadi salah kebutuhan utama kaum milenial untuk mendukung mobilitasnya, baik untuk kebutuhan kuliah, bekerja, atau sekadar hang out di mal atau coffee shop. Dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resminya, ada beberapa tips bagi para milenial yang ingin membeli mobil baru supaya dapat bermanfaat dan tidak memberatkan keuangan, terutama jika sudah mampu membeli sendiri.

1. Tentukan Budget Pembelian

Langkah pertama ini sangat krusial dan menentukan tahapan berikutnya. Bagi milenial yang sudah bekerja atau punya usaha, tentukan berapa harga beli yang logis dan realistis. Bagi milenial yang masih dibelikan orang tua, diskusikan dahulu budget dengan mereka.

2. Browsing Pilihan Model

Dengan budget yang sudah ditetapkan, milenial bisa mencari berbagai informasi terkait mobil yang ingin dibeli, bisa melalui platform website maupun dari kanal saluran YouTube brand terkait. Jika hanya untuk kebutuhan mobilitas sendiri dan bersama teman, model hatchback seperti Toyota Agya dan Yaris dengan desain kekinian dapat dimasukkan ke dalam wishlist.

3. Berhitung Kredit Mobil

Untuk pembelian secara kredit, pilihlah lembaga pembiayaan yang paling sesuai rencana keuangan. Misal untuk milenial yang sudah bekerja atau memiliki usaha, pastikan pengeluaran angsuran kredit mobil tidak melebihi 30% dari gaji atau penghasilan per bulan. Dengan begitu tidak sampai mengganggu pengeluaran lain.

Perlu dicatat, DP besar akan membuat cicilan per bulan kian ringan, sedangkan DP kecil akan menaikkan nilai cicilan. Jangka waktu cicilan atau tenor juga akan berpengaruh kepada besaran angsuran. Milenial bisa berdiskusi dengan sales advisor dealer resmi untuk memperoleh perhitungan kredit yang paling menguntungkan.

4. Jangan Lupa Biaya Operasional

Kepemilikan mobil tidak berhenti saat mobil idaman datang. Ada biaya operasional yang harus dikeluarkan supaya mobil dapat dipakai setiap hari seperti biaya bensin, ongkos parkir dan tol. Termasuk servis berkala juga masuk ke dalam biaya operasional kendaraan.

Mobil baru yang dipinang dari dealer resmi biasanya sudah mendapatkan program gratis biaya jasa dan spare parts hingga jangka servis berkala tertentu. Program ini membantu meringankan pengeluaran selama memiliki mobil mengingat tidak ada biaya jasa dan parts hingga servis berkala tertentu. Pastikan juga mobil di-cover oleh asuransi untuk membantu andai terkena masalah seperti kecelakaan.

5. Manfaatkan Promo

Manfaatkan berbagai promo yang ditawarkan oleh dealer resmi. Contoh seperti Auto2000 yang di bulan Juni ini menawarkan Promo Junius DP Ringan Agya - Calya untuk pembelian Agya dan Calya dengan promo DP ringan Rp 34 juta. Promo Junius EZ Deal dalam bentuk cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2,5 jutaan per bulan untuk Toyota tipe terpilih. Serta Promo Junius Deal Bunga 0% Raize berupa bunga 0% dengan tenor 6 bulan untuk pembelian di bulan Juni. Dapatkan saldo Astra Pay senilai Rp 1 juta untuk setiap tukar tambah (trade-in). Syarat dan ketentuan berlaku, kunjungi menu Promo Auto2000 Digiroom untuk memanfaatkan promo Auto2000.

(lua/riar)