ADVERTISEMENT

Tinggalkan Mobil Saat Mudik Lebaran, Perhatikan 7 Tips Ini Agar Tetap Aman

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 01 Mei 2022 13:20 WIB
Petugas Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Jakarta Selatan merawat kendaraan sitaan KPK di Gedung Sentra Mulia Jakarta, Selasa (6/12/2016). Perawatan 57 kendaraan sitaan KPK itu untuk menjaga nilai barang agar tidak turun saat menjadi barang rampasan dan masuk proses lelang.
Ilustrasi perawatan mobil sebelum ditinggal mudik lebaran. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Momen mudik Lebaran tahun ini bakal digunakan masyarakat untuk bertemu keluarga di kampung halaman. Ada masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan pribadi atau memilih transportasi umum sebagai andalan.

Nah, bagi yang memilih mudik menggunakan kendaraan umum lalu meninggalkan mobil pribadi di rumah, jangan lupa untuk mengecek sejumlah hal penting pada mobil. Soalnya, kamu akan mudik meninggalkan rumah dalam waktu cukup lama dan mobil dibiarkan diam begitu saja.

Ada sejumlah komponen mobil yang wajib kamu cek terlebih dahulu sebelum ditinggal pergi selama beberapa hari. Mengutip siaran pers Auto2000, berikut ini berbagai tips aman saat meninggalkan mobil di garasi rumah ketika pergi mudik Lebaran.

1. Bersihkan Eksterior dan Interior Mobil

Kamu bisa mencuci mobil sebelum ditinggalkan di dalam garasi. Bodi mobil bisa dilapisi dengan wax untuk menjaga kondisi cat dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, air hujan, dan baret.

Begitu juga di bagian interior, manfaatkan vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran. Lalu keluarkan karpet dan cuci hingga bersih, pastikan kering supaya tidak meninggalkan bau.

2. Parkir di Lokasi Aman dan Waspada Binatang Liar

Paling aman tentu parkir di dalam garasi rumah yang sudah memiliki atap, untuk menghindari sinar matahari langsung, juga hujan dan suhu udara malam hari. Mobil yang ditinggal juga berpotensi dihinggapi binatang liar atau serangga. Jadi pastikan juga seluruh celah seperti jendela, pintu, dan lubang-lubang di kolong mobil tertutup rapat. Bisa juga dengan meletakkan bahan pengusir binatang tersebut di sekitar mobil.

3. Keluarkan Barang Pribadi dan Sisa Makanan dari Kabin Mobil

Jangan lupa untuk mengeluarkan makanan dan minuman yang tertinggal karena akan menimbulkan bau tidak sedap dan mengundang serangga. Keluarkan pula barang pribadi seperti kartu uang elektronik, kacamata, pemantik api, power bank, dan barang berharga lainnya untuk menghindari dari risiko tidak terduga seperti kemalingan atau kebakaran.

4. Lebihkan Tekanan Udara

Tekanan udara ban mobil yang berdiam di rumah akan berkurang lebih cepat ketimbang ban yang dipakai setiap hari. Silakan mengisinya sedikit lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan, sekitar 5 psi, supaya tekanan ban tidak cepat berkurang bahkan hingga habis total.

5. Hindari Penggunaan Rem Parkir

Ada sejumlah kasus di mana kampas rem menempel kuat ke bagian dalam tromol rem dan sulit lepas karena mobil diparkir terlalu lama. Oleh sebab itu, lepaskan rem parkir atau rem tangan dan ganjal ban dengan balok kayu. Untuk lebih aman dapat menggunakan wheel chock yang diperuntukkan sebagai pengganjal ban mobil.

6. Melepas Kabel Aki

Jika pergi kurang dari 1 minggu, kamu tidak perlu melepaskan kabel yang menuju aki mobil. Untuk mempertahankan kapasitas aki, jalankan mobil sekitar 30 menit sebelum ditinggalkan di rumah.

Meski begitu, jika mobil ditinggalkan lebih dari 1 minggu, kabel di terminal negatif sebaiknya dicabut untuk mencegah aki cepat tekor. Segera pasang kembali kabel aki setelah pulang ke rumah dan jalankan mobil sekitar 30 menit untuk memastikan tidak ada terjadi masalah.

7. Pasang Alarm dan Kunci Tambahan

Sebagai langkah pencegahan tindak kejahatan, cara ini bisa menjadi pertimbangan. Hal yang tak kalah penting, jangan lupa juga untuk berkoordinasi dengan petugas keamanan di rumah untuk menitipkan kendaraan. Biasanya petugas keamanan akan mengecek rutin setiap keliling komplek sehingga keamanan mobil lebih terjaga. Berikan mereka nomor ponsel milik kamu yang aktif supaya dapat dihubungi dalam kondisi darurat.

"Bagi AutoFamily yang ingin melakukan perjalanan libur Lebaran menggunakan kendaraan umum dan meninggalkan mobil pribadi di rumah, sebaiknya memperhatikan beberapa hal supaya mobil tidak bermasalah ketika ditinggalkan atau setelah kembali ke rumah. Dan bagi yang ingin melakukan servis, Auto2000 menyediakan bengkel siaga yang tetap buka selama libur lebaran. Untuk cek lokasi bisa klik digiroom Auto2000 Digiroom," kata Nur Imansyah Tara, After Sales Business Division Head Auto2000.



Simak Video "Dear Pemudik, Pak Jokowi Imbau Balik dari Kampung Halaman Lebih Awal"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT