Nyetir Mobil Matic saat Macet Mudik, Kapan Harus Posisi 'N'?

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 29 Apr 2022 13:20 WIB
Jakarta -

Sejumlah ruas jalan sudah dipadati para pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman. Bagi Anda yang mengendarai mobil matic dan terjebak kemacetan, sebaiknya mengetahui dengan tepat posisi tuas transmisi.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna menjelaskan, ketika mobil matic dalam posisi macet tuas transmisi bisa diposisikan sesuai dengan kondisi jalannya.

Ketika kondisi jalan merayap, maka masih aman untuk posisi di D sembari menginjak rem kaki. Namun bila kondisi jalan macet dan posisi mobil diam untuk beberapa menit, Suparna menyarankan agar tuas transmisi dipindahkan ke 'N'. Tak lupa saat tuas transmisi pada posisi 'N', Anda harus menginjak rem kaki supaya tetap aman.

"Kalau itu berhenti maju berhenti maju tidak terlalu lama banget sekitar 30 detik sampai 1 menit itu dinetralkan dulu biar aman, jadi tidak ada beban, kopling nggak saling bergesekan," kata Suparna saat dihubungi detikOto.

Lain cerita kalau kondisi jalan benar-benar macet total. Mobil berhenti untuk waktu yang cukup lama. Kalau sudah begini, Anda sebaiknya memposisikan tuas transmisi di posisi 'P'.

"Saat berhentinya lama, itu kan harus dingin jadi lebih baik posisi di 'P'. Aki tetap nyala nggak usah nginjek rem kaki, kalau mau dibantu dengan hand rem nggak apa-apa juga," ungkap Suparna.

Sekadar mengingatkan, ada beberapa huruf yang melambangkan tuas transmisi pada mobil matic. Pertama ada 'P' yang berarti Park digunakan saat mobil diparkir, R (Reverse) artinya untuk mobil bergerak mundur, N (Netral) maksudnya mobil dalam posisi Netral, dan D (Drive) yaitu berkendara.

"Pokoknya maju berhenti sekejap pakai 'D', kalau berhenti nggak sampai lama dinetralkan aja. Berhenti lama baru pakai 'P'," pungkas Suparna.

(dry/mhg)