Tips Usir Kantuk saat Berkendara di Bulan Puasa

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 04 Apr 2022 13:31 WIB
Otographics mengusir kantuk saat nyetir
Tips usir kantuk saat nyetir di bulan puasa (Foto: Mindra Purnomo)
Jakarta -

Selama menjalankan ibadah puasa, tantangan yang paling umum dirasakan selain lapar dan haus adalah menahan rasa kantuk. Rasa kantuk ini bisa mengganggu aktivitas kamu lho, apalagi jika harus berkendara seharian.

Rasa kantuk saat berkendara tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Sebab, risikonya sangat besar hingga menyebabkan kecelakaan serta menimbulkan korban jiwa.

Lantas, bagaimana tips menghilangkan rasa kantuk saat berkendara? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini cara ampuh agar tetap segar saat berkendara walau tengah menjalankan ibadah puasa.

1. Istirahat yang Cukup

Saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, umat muslim biasanya menjalankan sahur. Hal ini juga akan mengubah jam pola tidur karena kamu harus bangun sebelum waktu subuh untuk makan sahur.

Nah, hal ini yang menyebabkan sejumlah orang sering merasa mengantuk karena tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Terlalu sedikit tidur menyebabkan tubuh mengalami lelah, pusing, kurang tenaga, hingga memicu ngantuk di siang hari.

Maka dari itu, jika kamu beraktivitas setiap hari menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya atur jam tidur sehingga mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

2. Putar Musik yang Berirama Cepat

Cara selanjutnya agar tidak mengantuk saat berkendara adalah dengan mendengar musik. Namun, usahakan musik yang diputar memiliki irama yang cepat atau up beat.

Mendengarkan musik akan membuat tubuh yang tegang karena ngantuk bisa menjadi sedikit lebih rileks. Maka dari itu, jangan mendengarkan musik yang berirama pelan, hal ini justru membuat pikiran semakin rileks dan kantuk.

3. Memiliki Teman Bicara

Apabila kamu melakukan perjalanan bersama teman atau keluarga, ajaklah berbicara guna menghilangkan rasa kantuk. Sebab, berkendara dengan seorang diri akan menciptakan rasa kantuk yang berlebihan.

Hadirnya teman atau keluarga di dalam mobil akan membuat kamu lebih terjaga. Dengan melakukan obrolan santai atau sekadar mendengarkan cerita, hal ini dapat mengalihkan rasa kantuk kamu saat berkendara.

4. Melakukan Peregangan Ringan

Selain itu, tips mencegah rasa kantuk saat berkendara adalah dengan melakukan sedikit peregangan ringan. Bagi pengendara motor, rasa kantuk dapat dirasakan jika melaju di jalan yang cukup lengang. Cuaca panas dan kurang bersahabat juga bisa menimbulkan rasa kantuk.

Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan usahakan melakukan sedikit peregangan. Tidak perlu lama-lama, kamu bisa melakukan peregangan otot sekitar 10 menit agar pikiran tetap terjaga sehingga tidak mudah kantuk.



Simak Video "Momentum Diet Kala Puasa Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)