4 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendadak Kasar 

ADVERTISEMENT

4 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendadak Kasar 

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 06 Feb 2022 07:50 WIB
Cara menutup kap mesin mobil yang benar, dibanting atau ditekan?
Ilustrasi mesin mobil. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Sebagai pemilik mobil tentu wajib merawat komponen mesin agar kinerjanya tetap optimal. Jangan sampai, mobil kesayanganmu ini tiba-tiba menimbulkan suara berisik atau kasar pada bagian mesin.

Apabila suara mesin mulai kasar, terkadang banyak pengendara langsung merasa khawatir dan panik. Padahal, ada beberapa komponen yang bisa kamu cek terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab suara mesin menjadi kasar.

Dilansir dari laman Auto2000, berikut ini ada empat penyebab suara mesin mobil menjadi kasar. Sehingga, kamu bisa mengetahui komponen mana yang rusak dan harus segera diperbaiki.

1. Kompresor AC Mobil

Penyebab pertama suara mesin mobil menjadi kasar bisa jadi disebabkan dari kompresor AC mobil. Biasanya, komponen ini akan menimbulkan suara berisik dan kasar jika olinya sudah mulai habis.

Selain oli, faktor lainnya disebabkan karena banyaknya kotoran yang menyumbat di bagian dalam. Kalau memang kamu sudah lama tidak mengecek bagian AC, segera bawa ke bengkel dan lakukan flushing serta pembongkaran untuk melihat kondisi komponen di dalamnya.

2. Oli pada Mesin

Selain komponen kompresor AC mobil, faktor lainnya yang menyebabkan suara mesin mobil berbunyi kasar adalah oli mesin. Kamu wajib mengecek oli mesin secara rutin untuk memastikan jumlah olinya cukup tersedia dan dalam kondisi baik.

Nah, jika ditemukan oli yang sudah menipis atau kondisinya jelek tentu tidak akan melumasi mesin secara sempurna. Sehingga, suara mesin kasar akan muncul saat mobil dinyalakan atau melaju di jalan raya.

3. Belt atau Sabuk Kendaraan

Faktor selanjutnya yang menyebabkan timbul suara kasar pada mesin adalah belt atau sabuk kendaraan. Perlu diingat, yang dimaksud sabuk pengaman bukanlah yang ada di kursi penumpang, melainkan tali kipas penghubung antara satu pull dengan pull lainnya. Tali ini yang juga menghubungkan putaran kipas radiator dengan kompresor AC dan alternator.

Jika tali kipas bermasalah, maka ciri utamanya adalah timbul suara mesin mobil kasar saat digas. Faktor yang menyebabkan tali kipas bermasalah karena ada kotoran tersumbat, komponen yang kering, hingga ukuran yang kurang pas.

4. Celah Katup Mesin

Faktor terakhir yang menyebabkan suara mesin menjadi kasar karena celah katup yang terlalu rapat ataupun longgar. Pada umumnya, katup mesin memiliki celah dengan ukuran 0,2-0,3 mm.

Namun, semakin tinggi frekuensi penggunaan kendaraan celah ini bisa longgar dan menyebabkan bunyi seperti logam bergesekan, karena batang katup saling bergesek dengan rocker arm. Hal yang sama juga terjadi jika celahnya terlalu rapat, nantinya akan terdengar bunyi kasar akibat batang katup terlalu menekan bagian katup lainnya.

Jika telah mengecek sejumlah komponen di atas dan suara mesin terdengar berisik dan kasar, ada baiknya kamu segera membawa mobil kesayanganmu ke bengkel. Sehingga, mesin dapat diperbaiki sebaik mungkin dan masalah tersebut bisa selesai.

(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT