Jangan Abaikan Spion Tengah, Potensi Bahaya Bisa dari Mana Saja

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 28 Jan 2022 15:13 WIB
Parfum menggantung di spion tengah mobil
Jangan abaikan spion tengah mobil. Bahaya bisa datang dari mana saja. Foto: Aliexpress
Jakarta -

Peran kaca spion tengah sangat penting. Namun, keberadaan spion tengah ini sering diabaikan oleh pengendara mobil.

Saat berkendara, pengemudi kebanyakan lebih banyak fokus ke depan. Padahal, potensi bahaya bisa dari mana saja. Termasuk dari belakang mobil.

Hal itu dikatakan oleh praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana.

"Banyak yang fokusnya ke depan, tapi jarang melihat ke belakang, potensi datangnya bahaya itu dari segala arah. Jadi tetap harus fokus dan waspada sekalipun kondisi berhenti di lampu merah," kata Sony kepada detikcom, Jumat (28/1/2022).

Adapun potensi bahaya dari belakang bisa saja kendaraan di belakang mengalami kendala di bagian rem. Dengan sering-sering mengecek spion tengah, pengemudi diharapkan bisa antisipasi jika ada kendaraan di belakang yang tidak mengalami masalah pengereman.

Selain itu, Sony menyarankan di kondisi jalan menurun sebaiknya jangan berada di depan kendaraan besar. Hal ini untuk mengantisipasi kendaraan besar tersebut yang bisa mengalami rem blong.

Kalau terlanjur berada di depan kendaraan besar, cek spion tengah. "Bersiap-siap melakukan evakuasi jika terlihat di kaca spion dia meluncur tanpa deselerasi," ucap Sony.

"Caranya dengan menjaga jarak, pengemudi mempersiapkan ruang ketika harus melakukan escaping, berbelok, menambah kecepatan untuk menjauh sampai dengan membunyikan klakson panjang," sambungnya.

Sementara itu, jika kamu berkendara di sekitar truk di tanjakan, jangan berada di belakang kendaraan berat itu. Hal itu untuk mengantisipasi kendaraan besar yang gagal menanjak.

"Radius aman ketika berada di jalan yang datar sepanjang dimensi kendaraan besar tersebut, tapi ketika di tanjakan hindari di belakang kendaraan besar untuk mengantisipasi gagal nanjak, engine stall. Jaga jarak dua kalinya dimensi kendaraan besar dan terus waspada," sebut Sony.



Simak Video "Terekam CCTV, Truk Tabrak 4 Kendaraan di Jombang dan Tewaskan 1 Orang!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)