6 Tips Rawat Mobil dengan Benar Saat Musim Hujan

Sponsored - detikOto
Kamis, 20 Jan 2022 12:35 WIB
Ilustrasi Kendaraan Saat Hujan
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Pemilik kendaraan harus lebih telaten merawat mobil di musim hujan agar terhindar dari beberapa permasalahan yang mungkin terjadi. Khususnya, jika Anda setiap hari bepergian dengan mobil dan sering kehujanan.

Penting diketahui, bahwasanya air hujan mengandung asam dan tidak bagus untuk kendaraan sebab telah tercampur dengan limbah maupun partikel kotoran yang berada di jalan. Mobil yang sering kehujanan dan dibiarkan begitu saja pasti akan bermasalah.

Oleh karena itu, sebagai pemilik Anda harus telaten melakukan perawatan. Tips merawat mobil saat musim hujan sebenarnya tidak susah. Tanpa perlu bingung, Anda bisa simak tips merawat mobil saat musim hujan melalui beberapa langkah sederhana versi mobilku.org.

Perawatan Mobil Saat Musim Hujan

1. Segera Keringkan Mobil

Setelah mobil Anda kehujanan di jalan, ada baiknya untuk segera dikeringkan sesampainya di rumah dan jangan menunggu sampai kering sendiri. Air hujan yang dibiarkan mengering justru bisa membuat lapisan cat pada bodi mobil jadi cepat rusak.

Selain itu, efek jangka panjangnya adalah kemunculan karat dan jamur di lapisan cat. Ini merupakan hal wajar, karena air hujan memiliki kandungan garam dan asam yang mampu merusak lapisan mobil sekaligus komponen mesin. Untuk itu, penting untuk segera mengeringkan bodi mobil yang kehujanan.

2. Rajin Bersihkan Kaca Depan Mobil

Bagian lain yang perlu rutin dibersihkan ketika memasuki musim hujan adalah kaca depan. Untuk mempertahankan kaca depan supaya tetap jernih dan bersih, Anda perlu melakukan beberapa langkah cerdas. Mulai dari menyalakan AC mobil pada suhu tidak terlalu dingin saat hujan dan membersihkan kaca depan sesudah bepergian.

Menurut mobilku, tujuan dari menyalakan AC adalah membantu menjernihkan embun pada kaca mobil yang menempel akibat terkena air hujan. Langkah berikutnya adalah mengoleskan kanebo lembap ke kaca dan membersihkan dengan gerakan searah.

3. Rutin Cek Komponen Mesin

Setiap mobil pasti memiliki celah-celah yang bisa menjadi jalan masuk air ke dalam bagian mesin. Apabila mobil Anda kehujanan, pastikan untuk selalu mengecek komponen mesin dan memastikan tidak ada gangguan.

Dalam banyak kasus, komponen mesin seringkali terganggu akibat air hujan dan membuatnya mogok. Supaya keesokan harinya mobil bisa dipakai dengan normal, Anda harus mengecek mesin sesudah membersihkan bodi.

4. Bersihkan Karpet Mobil

Tips merawat mobil saat musim hujan berikutnya adalah rajin membersihkan karpet. Seperti yang kita tahu, pengendara biasanya sudah dalam kondisi basah sebelum masuk ke dalam mobil akibat kehujanan.

Air yang dibiarkan menggenang pastinya mudah sekali memicu bau tidak sedap dan memunculkan jamur pada karpet. Supaya hal tersebut bisa diminimalisir, cucilah karpet Anda setidaknya satu kali dalam seminggu. Anda juga bisa memasang karpet tambahan ketika musim hujan, sehingga karpet utama mobil tidak mudah kotor, basah dan lembap.

5. Semprotkan Cairan Silikon ke Kaca

Cairan silikon adalah sebuah pelumas semprot yang didesain khusus untuk karet. Cairan ni berfungsi untuk melicinkan serta melembapkan bagian pintu mobil dan karet kaca. Ketika Anda menyemprotkan ke kaca, maka karet kaca mobil menjadi tidak mudah rusak dan lebih tahan lama.

Karet kaca yang bolak-balik kehujanan dan berada di bawah paparan sinar matahari akan cepat rusak. Sehingga, menyemprotkan cairan silikon di karet kaca mobil merupakan langkah tepat untuk menjaganya dari risiko kerusakan.

6. Bersihkan Kaki-kaki Mobil

Setelah mobil menerjang medan berupa genangan air hujan atau lumpur, umumnya muncul bunyi-bunyi mesin. Ini merupakan pertanda ada bagian mesin bermasalah.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat membersihkan kaki-kaki mobil dengan sampo dan air bertekanan tinggi. Bersihkan secara menyeluruh setiap mobil dipakai ketika hujan.

Itu tadi 6 tips merawat mobil saat musim hujan. Semoga referensi di atas bisa menjaga mobil Anda tetap bekerja optimal dan terhindar dari berbagai macam masalah.

(Content Promotion/Mobilku)