Merasakan Gempa saat Dalam Mobil? Lakukan Ini Supaya Aman

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 14 Jan 2022 17:14 WIB
Gempa bumi hari ini terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Data gempa bumi hari ini, Jumat (17/12/2021) dirilis oleh BMKG.
Yang harus dilakukan pengendara saat gempa. Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9
Jakarta -

Guncangan gempa terasa di Jakarta hari ini. Menurut BMKG, gempa M6,7 terjadi di 52 km barat daya Sumur-Banten. Pengendara diminta tetap waspada saat terjadi gempa bumi.

Jika kamu sedang mengemudi dan merakan gempa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dikutip dari situs resmi Auto2000, utamanya jangan panik dan kendalikan emosi jika kamu merakan gempa saat berada di mobil. Tetap berkendara dengan tenang dan fokus pada kondisi jalan sekitar.

Memang, saat berkendara guncangan gempa umumnya bisa diredam oleh sistem suspensi mobil. Kecuali memang skala gempa sangat besar maka akan terasa guncangannya.

Jika guncangan terasa sangat kuat saat anda berkendara, jangan panik dan tetap fokus pada kondisi jalan di depan. Perhatikan kondisi sekitar seperti pohon atau rambu lalu lintas yang bergoyang tidak wajar. Jika melihat tanda-tanda itu, angkat kaki dari pedal gas dan kurangi kecepatan secara perlahan. Jangan melakukan pengereman secara mendadak karena akan membahayakan pengemudi di belakang.

Amati situasi, kalau tidak ada masalah berat seperti jalan retak atau lalu lintas kacau, kamu bisa meneruskan perjalanan. Namun jika tidak aman, lebih baik menepi.
Nyalakan lampu hazzard dan perhatikan kondisi sekitar. Waspadai adanya bangunan tinggi atau pohon yang berisiko tumbang.

Sebaiknya tunggu sampai situasi tenang dan pastikan penumpang dalam kondisi baik. Perhatikan juga mungkin ada kerusakan pada mobil yang tidak terlihat karena panik.

"Hubungi keluarga untuk memberitahu kondisi Anda dan mencari update mengenai bencana yang terjadi. Kalau Anda berada dekat dengan pantai, cari tahu potensi tsunami dari media sosial, berita atau aplikasi gempa bumi. Atau bisa pula website BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)yang terdapat update mengenai gempa bumi terkini," tulis Auto2000.

Jika ada peringatan tsunami, segera menjauh dari area pantai. Namun bila tidak memungkinkan, seperti jalan rusak parah atau lalu lintas kacau, segera tinggalkan mobil dan cari bangunan tinggi yang masih aman. Berlindunglah di tempat tinggi hingga peringatan tsunami ditarik. Jangan memaksakan diri untuk menyelamatkan mobil karena nyawa jauh lebih penting.



Simak Video "Dampak Kerusakan Gempa M 6,6 Banten yang Bikin Jabodetabek 'Goyang'"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)