Kaca Film Ada yang Dilapisi Emas, Apa Fungsinya?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 14 Des 2021 12:13 WIB
Kaca Film V-Kool Ada yang Dilapisi Emas, Biar Kenapa?
Kaca Film V-Kool Ada yang Dilapisi Emas, Biar Kenapa? Foto: Dok. V-Kool.
Jakarta -

Kaca film dibutuhkan pada mobil untuk menghalau panas dan silau. Tanpa kaca film, mobil akan terasa panas dan silau karena sinar matahari langsung masuk ke kabin mobil tanpa ada ada penghalang sama sekali. Selain membuat mobil semakin adem, kaca film pun membantu menghemat konsumsi bahan bakar.

Tapi, tahukah kamu bahwa ada kaca film yang dilapisi emas? Produsen kaca film V-Kool memiliki kaca film dengan lapisan emas. V-Kool sendiri menyediakan tiga kelas kaca film sesuai dengan performa dan harganya, yaitu Diamond series, Gold Series serta Silver Series.

"Diamond Series menggunakan kaca film multi-layer sputtered metal yang diperkuat dengan emas yang sangat baik dalam memantulkan panas. Performa kaca film paling baik menolak panas adalah kaca film multi-layer sputtered metal (kaca film dengan beberapa lapisan metal penolak panas)," kata Vice President Director PT V-KOOL Indo Lestari, Linda Widjaja, dalam siaran pers yang diterima detikcom. Lapisan emas pada kaca film itu, menurut Linda, berfungsi untuk memantulkan panas.

Kaca Film V-Kool Ada yang Dilapisi Emas, Biar Kenapa?Pemasangan Kaca Film. Foto: Dok. V-Kool

Dia menjelaskan, kaca film Diamond series dengan teknologi spectrally selective bekerja dengan memantulkan panas. Kaca film jenis itu memiliki Infra Red Rejection/IRR atau daya tolak panas hingga 98%. Dengan daya tolak tersebut, kegelapan kaca film bisa dipilih antara 20% (VK70) atau 40% (VK40) untuk kaca depan dan 60% (VK-VIP dan X15) untuk kaca samping dan belakang.

Selain itu, ada juga kaca film non-metal Silver Series. Kaca film yang menggunakan nano technology infra red non-metal yaitu VRX60 (kegelapan 30%) untuk aplikasi di kaca depan dan VRX15 (kegelapan 60%) untuk kaca samping dan belakang.

"Silver Series dari V-KOOL memiliki Infra Red Rejection/IRR (daya tolak panas) lebih dari 96%. Umumnya, kaca film jenis ini mempunyai IRR 55-65%," ujar Linda.

Sedangkan Gold Series mengombinasikan kaca film multi-layer sputtered metal pada kaca depan, dengan nano technology infra red non-metal pada kaca samping dan belakang. Pilihannya antara lain kegelapan 20% (VK70) sampai 40% (VK40) untuk kaca depan serta 60% (VRX15) sampai 80% (X05) untuk kaca samping dan belakang.

Adapun kisaran harga kaca film V-Kool antara lain Diamond series Rp 6,4 juta-Rp 6,9 juta, Gold series Rp 5,8 juta-Rp 6,6 juta serta Silver series Rp 4,6 juta-Rp 5,3 juta.

"Kami optimistis kaca film V-KOOL akan menjadi pilihan utama bagi para pemilik kendaraan karena memiliki sejumlah keunggulan. Yang penting diketahui oleh publik adalah V-KOOL memberikan garansi produk selama 5 tahun sejak kaca film dipasang dan berlaku di seluruh Indonesia," pungkas Linda.



Simak Video "Seberapa Jauh Jarak Tempuh Lexus UX 300e dalam Sekali Cas Penuh?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)