Gampang Banget! Supaya Kaca Mobil Tak Berjamur Lakukan Perawatan Ini

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 05 Okt 2021 06:22 WIB
Jakarta -

Musim hujan mulai datang di banyak kota di Indonesia. Banyak hal yang harus diperhatikan pemilik mobil di musim hujan ini, salah satunya tentang merawat kaca mobil supaya tidak berjamur.

Tidak dipungkiri, banyak pemilik mobil yang malas untuk membersihkan mobil setelah diguyur hujan. Alasannya beragam, mulai dari hujan yang akan mengguyur lagi sehingga dirasa 'nanggung' jika dibersihkan, atau mobil sengaja dibiarkan sampai kotor sekaligus baru kemudian dicuci.

Padahal jika dibiarkan terlalu lama dapat merusak sejumlah beberapa komponen pada mobil, terutama bagian kaca yang bisa ditumbuhi jamur. Soalnya, air hujan berbeda dibanding air tanah.

Rifat Sungkar selaku Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia menjelaskan, air hujan memiliki perbedaan sifat ketimbang air tanah. Air hujan memiliki tingkat keasaman lebih banyak, sehingga hal ini memberikan dampak bagi kaca mobil yang tidak segera dibersihkan.

"Tentu ada perbedaan antara air tanah dengan air hujan. Air hujan memiliki tingkat keasaman lebih banyak ketimbang air tanah," kata Rifat dalam sesi konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

Maka dari itu, Rifat memberi saran kepada pemilik mobil untuk membersihkan kaca mobil usai diguyur air hujan. Khususnya pada bagian kaca depan, kamu bisa siram dengan air bersih yang ada di rumah.

"Jadi mobil yang telah terkena hujan, dalam keadaan apapun usahakan selalu siram dengan air bersih, terutama pada bagian kaca depan. Lebih baik lagi setelah disiram dengan air bersih, lalu dilap dengan kain kering yang halus," jelasnya.

Kaca depan punya peran penting bagi pengendara mobil untuk melihat situasi di depan. Apabila kondisi kaca buram karena kotor dan berjamur, tentu akan mengganggu jarak pandang dan sangat berbahaya.

Memang air tanah juga memiliki unsur kandungan asam dan jika tidak segera dibersihkan dapat menimbulkan jamur di kaca ataupun sejumlah body mobil. Maka dari itu, penting untuk segera membilas kaca dengan air bersih demi mencegah kehadiran jamur.

"Air tanah punya unsur asam juga, tapi tidak sebanding dengan air hujan. Soalnya air hujan punya unsur asam tinggi yang menyebabkan flek dan sangat cepat menyebar, jadi penting sekali untuk segera membersihkan kaca mobil setelah diguyur hujan," pungkas Rifat.

(din/din)