Cara Mudah Merawat Mobil Mesin Turbo, Lakukan 3 Langkah Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 15 Sep 2021 15:20 WIB
Begini cara merawat mobil bermesin turbo
Foto: Dok. DFSK. Begini cara merawat mobil bermesin turbo.
Jakarta -

Mesin turbo memiliki keunggulan bisa menghadirkan performa kuat, tapi tetap mengedepankan efisiensi bahan bakar. Tentunya perawatan mobil dengan mesin turbo berbeda dengan mesin non turbo. Perawatan mesin turbo cukup mudah, bahkan bisa dilakukan sendiri.

Sebagai informasi, sistem kerja komponen turbo memanfaatkan aliran udara dari gas buang mesin kendaraan untuk memutar baling-baling turbin, hingga bisa menghasilkan udara yang terkompresi dalam volume yang banyak.

Udara dari turbo kemudian didinginkan melalui intercooler sebelum akhirnya masuk kembali ke dalam mesin. Hal itu dapat membantu proses pembakaran bahan bakar supaya lebih optimal. Hasilnya dapat meningkatkan performa ketika dipacu di jalanan, namun juga mobil jadi tetap irit bahan bakar.

Dikatakan PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, dalam keterangan resminya, Rabu (15/9), ada beberapa langkah merawat mobil bermesin turbo.

"Konsumen cukup memperhatikan tiga hal saja untuk melakukan perawatan mesin turbo agar tetap bekerja secara optimal," kata Rofiqi, dalam keterangan resminya.

Berikut tiga langkah merawat mobil bermesin turbo:

1. Periksa dan Ganti Oli Mesin Teratur

Oli mesin memegang peranan penting karena memiliki fungsi vital, yakni untuk melindungi mesin dari keausan akibat gesekan antar komponen, membantu menjaga suhu mesin mobil, hingga membersihkan sejumlah kerak-kerak yang ada. Konsumen bisa memeriksa volume oli mesin dan kualitasnya melalui dipstick yang biasanya ada di mesin.

Apabila volume oli sudah berkurang atau kondisinya sudah keruh, bisa datang ke bengkel resmi untuk mengganti oli mesin. Melakukan perawatan berkala dan pergantian oli mesin di bengkel resmi akan mendapatkan jaminan spesifikasi oli mesin yang direkomendasikan pabrikan dan pemeriksaan kendaraan yang menyeluruh secara akurat.

2. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Perawatan paling sederhana yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan menggunakan bahan bakar yang tepat sesuai rekomendasi pabrikan. Kendaraan dengan mesin turbo membutuhkan bensin dengan RON minimal 92.

Penggunaan bensin yang tepat sesuai rekomendasi pabrikan akan membantu sistem pembakaran bekerja sempurna. Terutama bagi mobil turbo ini yang diharuskan menggunakan bahan bakar berkualitas sehingga performa mesin mobil akan lebih meningkat dan lebih irit bahan bakar.

3. Rutin Membersihkan Filter Udara

Kunci dari proses kerja turbo adalah udara yang masuk ke dalam turbin. Sehingga pemilik kendaraan sebaiknya rutin membersihkan saringan udara. Jika sampai saringan udara kotor, maka maka fungsi turbo ini akan menjadi tidak maksimal.

(lua/din)