Bahaya! Mobil Terlalu Lama Diam Sebaiknya Tangki BBM Tidak Kosong

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 29 Agu 2021 12:43 WIB
Hyundai Santa Fe 2021 Signature
Ilustrasi mobil Hyundai Santa Fe 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Pandemi covid-19 membuat mobilitas masyarakat jadi terbatas. Kondisi ini juga kerap membuat mobil parkir lama dan jarang dipakai. Salah satu cara agar mobil tidak rusak adalah dengan tidak membiarkan tangki bahan bakar minyak (BBM) dalam keadaan kosong.

Dilansir dari laman resmi Hyundai Mobil, kebiasaan membiarkan bahan bakar tersisa sedikit atau bahkan kosong di tangki BBM dapat menjadi hal yang merusak komponen mobil.

"Ini tidak terbatas pada saat mobil jarang digunakan. Banyak juga yang sering mengemudi mobil dengan sedikit BBM pada tangki. Padahal, hal ini sejatinya kurang baik. Karena, jumlah BBM yang sedikit berpotensi menyebabkan tangki bensin menjadi kotor," tulis Hyundai.

Menurut Hyundai, tangki bahan bakar yang kosong akan meningkatkan terjadinya kondensasi.

"Tangki BBM yang isinya sedikit pun meningkatkan terjadinya kondensasi. Kondensasi inilah yang bisa menjadi penyebab utama timbulnya kotoran pada tangki BBM," tulis Hyundai.

Kotoran yang muncul di tangki BBM mobil bisa berbahaya dan dapat merusak komponen pompa dan filter BBM.

"Jika kotor, maka penggantian pun jadi lebih sering dilakukan," tulis Hyundai.

Untuk urusan biaya perbaikan, jika hanya mengganti bagian filter BBM tentu tidak terlalu mahal. Namun, jika kotoran menumpuk hingga merusak beberapa komponen utama, maka bukan tidak mungkin, biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan lebih tinggi.

"Jika tangki sudah kotor dan memerlukan penggantian komponen, bengkel resmi adalah tujuan pertama Anda dimana akan dilakukan penggantian dengan komponen baru serta jika diperlukan, tangki BBM akan dikuras," tulis Hyundai.

Selain itu pemilihan bahan bakar yang sesuai RON yang direkomendasikan oleh pabrikan, tentu akan membuat performa lebih baik dan komponen mesin lebih awet.



Simak Video "Bahaya! Mobil Terlalu Lama Diam, Sebaiknya Tangki BBM Tidak Kosong"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)