Xpander Gagal Nanjak Lalu Mundur di Sitinjau Lauik, Salah FWD atau Sopir?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 26 Agu 2021 06:50 WIB
Mobil Xpander Tak Kuat Nanjak Sitinjau Lauik
Tanjakan ekstrem Sitinjau Lauik, banyak mobil yang gagal menanjak. Foto: Youtube Sitinjau Lauik Truck Video
Jakarta -

Sitinjau Lauik di Sumatera Barat terkenal dengan tanjakan yang begitu ekstrem. Tak jarang mobil sampai truk tak kuat melewati tanjakan ekstrem sambil berbelok tersebut. Di media sosial viral mobil Mitsubishi Xpander gagal menanjak di Sitinjau Lauik.

Dalam video yang diunggah YouTube Sitinjau Lauik Truck Video tepatnya di menit 3:14, terlihat sebuah Mitsubishi Xpander berkelir hitam kesulitan melewati tanjakan tajam tersebut. Mobil sempat berhenti di tengah tanjakan. Sementara mobil lainnya dengan mulus melewati tanjakan itu.

Saat kembali mencoba menanjak, mobil Xpander itu malah mengalami slip di ban depan. Saat itu memang jalanan sedang basah setelah diguyur hujan sehingga membuat Xpander yang memiliki penggerak roda depan (FWD) kesulitan menanjak. Pada akhirnya, Xpander tersebut bisa melintasi tanjakan dengan mengambil sudut melebar ke kanan.

[Gambas:Youtube]



Tapi, apakah memang karena penggerak FWD sehingga mobil itu sulit melewati tanjakan Sitinjau Lauik? Tidak juga. Menurut Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, hal itu bukan masalah tidak kuat menanjak. Menurutnya, masing-masing karakter penggerak roda ada plus-minusnya.

"Bukan tidak kuat, tapi mobil FWD mudah spin di tanjakan akibat distribusi beban tidak rata sehingga yang seharusnya ban depan mendapat traksi, ini hilang akibat dari beban berpindah ke belakang," kata Sony kepada detikcom, Rabu (25/8/2021).

Sony menegaskan, dalam menaklukkan tanjakan baik menggunakan mobil FWD atau RWD (penggerak roda belakang), sebaiknya lihat faktor sudut jalan terlebih dulu. Kemudian perhatikan alas jalan terbuat dari apa, kondisi keausan ban, serta kering atau basahnya permukaan jalan.

"Jadi untuk meminimalisir gagal menanjak dibutuhkan momen/ancang-ancang dari bawah sebelumnya, sehingga traksi ban terbantu," ucap Sony.

Atau, dalam kasus Xpander hitam gagal menanjak itu, Sony menyarankan pengemudi melebar ke kanan. Sebab, dengan melebar sedikit ke kanan, sudut tanjakan tidak curam ketimbang di bagian dalam tikungan yang sudut kemiringannya cukup tajam. Dan terbukti, Xpander hitam itu bisa tetap menanjak di Sitinjau Lauik setelah mengambil sudut melebar.



Simak Video "Diskon PPnBM Turun Jadi 25%, Segini Harga Mitsubishi Xpander"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)