Tips Membersihkan Jok Mobil Biar Kotoran Tak Jadi Kerak

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 22 Agu 2021 07:43 WIB
Dirancang sebagai kendaraan untuk menunjang berbagai kegiatan pelanggan atau Multi Activity Vehicle (MAV), Toyota Sienta kembali mendapat improvement. Sentuhan baru pada eksterior membuat mobil ini tampil lebih sporty dan stylish, dan sentuhan baru pada interior membuat kabin terasa lebih nyaman.
Ilustrasi jok mobil. Foto: Toyota
Jakarta -

Kabin mobil, khususnya pada bagian jok perlu dijaga kebersihannya. Apalagi jika ketumpahan makanan atau minuman, sebaiknya segera dibersihkan agar tidak menimbulkan kerak. Bagaimana tips sederhananya?

"Bila tidak segera dibersihkan tidak hanya timbul noda, tetapi juga dapat menimbulkan bau kurang sedap di dalam kabin. Apalagi untuk makanan tertentu terutama yang basah atau mengandung cairan dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman," kata Samsudin, Aftersales Astra Peugeot dalam keterangan resminya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membersihkan jika yang ternoda adalah bagian kursi atau jok di dalam kendaraan.

"Ada dua jenis material jok yang biasa digunakan, yakni kain (beludru) dan kulit. Keduanya perlu perawatan berbeda dan jangan sampai salah menggunakan jenis pembersih yang dapat merusak kontur jok mobil," ungkapnya.

Untuk membersihkan noda pada jok mobil berbahan kain berikut langkahnya. Sebaiknya menggunakan deterjen yang lembut, dengan lebih dulu bersihkan sisa-sisa kotoran bekas tumpahan makanan atau minuman pada jok.

Dirancang sebagai kendaraan untuk menunjang berbagai kegiatan pelanggan atau Multi Activity Vehicle (MAV), Toyota Sienta kembali mendapat improvement. Sentuhan baru pada eksterior membuat mobil ini tampil lebih sporty dan stylish, dan sentuhan baru pada interior membuat kabin terasa lebih nyaman.Ilustrasi jok mobil. Foto: Toyota

"Alatnya bisa dengan sapu atau sikat berserat halus, lalu di-vacuum cleaner hingga tidak ada bekas kerak noda," jelasnya.

Lalu campurkan detergen dengan air hangat. Kemudian rendam busa pembersih (spons) ke dalam air dan remas untuk menghilangkan air sebelum digosokkan pada jok. Bersihkan secara perlahan agar jok tidak terlalu basah, selanjutnya endapan air sabun diseka pakai handuk basah tanpa sabun hingga kotoran hilang.

Sedangkan jok berbahan kulit memang lebih mudah dibersihkan. Namun juga tidak boleh sembarangan dalam merawatnya. Agar kualitas jok kulit tetap terjaga dapat membersihkan dengan air detergent.

"Selanjutnya memberikan kondisioner atau cairan khusus untuk jok berbahan kulit. Perawatan jok berbahan kulit memang butuh penanganan yang khusus," tukas Samsudin.

(riar/lth)