Bukan 'Undo', Apa Fungsi Tombol Tanda Panah Berbelok pada AC Mobil?

Tim Detikcom - detikOto
Kamis, 08 Jul 2021 07:09 WIB
Logo recirculation mode pada AC mobil
Ikon recirculation udara pada sistem AC Mobil (Getty Images/iStockphoto/LeshkaSmok)
Jakarta -

Sistem pendingin udara atau AC mobil memiliki beberapa tombol dengan beragam fungsi. Salah satunya yang sering dijadikan guyonan sebagai 'tombol undo'. Apa sebenarnya fungsi tombol tersebut?

Tombol yang dimaksud di sini adalah yang bergambar mobil dengan panah berbelok di dalamnya. Bentuknya mirip logo undo seperti ada di berbagai aplikasi komputer atau smartphone.

Ada yang berkelakar, jika tombol itu bisa ditekan setelah terjadi kecelakaan maka kecelakaannya akan ter-undo, alias dibatalkan. Atau kerap juga disebut tombol tersebut akan mengembalikan seluruh fungsi mobil ke kondisi awal (default) seperti saat baru dibeli.

Meme tombol AC dalam mobilMeme tombol AC dalam mobil Foto: Twitter

Tentu saja itu cuma olok-olok. Tombol tersebut sejatinya merupakan tombol untuk sirkulasi ulang udara di dalam mobil. Dalam bahasa Inggris, tombol itu disebut sebagai recirculation button. Tombol ini penting digunakan terutama jika suhu udara sedang panas-panasnya.

Dikutip dari World Class Auto Service, fungsi tombol ini adalah membantu mendinginkan mobil ke kondisi paling dingin ketika AC dinyalakan.

"Itu adalah tombol untuk mensirkulasi ulang udara yang didapat saat AC pertama dinyalakan. Semakin lama dinyalakan, maka akan semakin dingin, sampai itu mencapai titik terdingin yang bisa dicapai AC mobil," demikian tulis World Class Auto Service.

Saat tombol tersebut digunakan, maka udara yang ada di dalam mobil akan terus bersikulasi dalam kabin dan AC tak mengambil udara dari luar. Inilah yang membuat suhu udara dalam kabin bisa mencapai dingin paling optimal.

Sementara jika tombol tersebut tidak digunaan, maka mobil akan mengambil udara dari luar (yang kondisinya lebih panas) untuk dihirup AC dan kemudian disebar ke dalam kendaraan.

Kerugian Mode Recirculation

Meski membuat suhu kabin menjadi dingin optimal, recirculation mode diklaim juga punya sisi buruk. Karena hanya mensirkulasi ulang udara yang ada di dalam kabin, maka harus diperhatikan kalau pernapasan penumpang dan kotoran dalam kabin juga akan terus berputar di dalam kendaraan.

Jika kondisi ini terjadi dalam periode yang panjang, misalnya saat Anda melakukan perjalanan jarak jauh, maka bisa berdampak pada kualitas udara dan pernapasan penumpang dalam mobil. Bahkan disebut bisa menurunkan konsentrasi berkendara.

Oleh sebab itu, sesekali mode fresh air perlu digunakan. Dengan mode ini, AC akan menyerap udara dari luar untuk menggantikan udara dalam kabin.



Simak Video "Jangan Asal! Ini Cara Memoles Mobil yang Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lth)