Viral Kaca Mobil Macet di Dalam Taman Safari, Ini Tipsnya Supaya Tak Alami Nasib Serupa

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 06 Jul 2021 18:39 WIB
Power Window
Ilustrasi power window mobil Foto: Istimewa
Jakarta -

Belum lama ini sebuah mobil mengalami kerusakan pada kaca mobil saat berkunjung ke Taman Safari, Bogor, Jawa Barat. Kaca mobilnya sulit untuk ditutup kembali. Biar kejadian serupa tak terulang, berikut ini tips untuk mencegahnya.

Macetnya kaca mobil tersebut diduga terjadi karena sistem power window. Mobil zaman sekarang kebanyakan sudah menggunakan power window. Fitur ini memudahkan penumpang membuka tutup kaca hanya dengan satu tombol di samping pintu bagian dalam.

Tapi alih-alih semakin memanjakan penumpang mobil, perawatan power window juga nggak boleh diabaikan. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi mengatakan pencegahan pertama yang perlu dilakukan ialah kebersihan.

Selain itu power window juga tak boleh kena air, biasanya hal ini biasa terjadi saat membuka jendela ketika hujan. Sebaiknya pemilik mobil segera mengeringkannya untuk menghindari kerusakan komponen switch-nya.

"Switch power window jangan kena air atau sisa makanan yang bisa menyebabkan semut bersarang," kata Bambang saat dihubungi detikcom, Selasa (6/7/2021).

Perawatan intensif lain bisa dilakukan pada bagian yang terlihat. Mudahnya pada run door glass, karet untuk naik-turun kaca. Jangan biarkan ada kotoran yang menempel. Lalu disemprot menggunakan silicon spray supaya kerja tidak membebani kerja regulator dan dinamo.

"Run door glass diganti bila sudah keras atau sobek," tambah Bambang.

Selain karena kebiasaan jorok yang mempercepat kerusakan. Biasanya masalah pada kaca mobil yang tidak bisa naik turun sempurna juga disebabkan usia dan pemakaian.

Saklar power window dapat rusak apabila dalam frekuensi waktu yang sempit sering membuka tutup kaca. Saklar power window menjadi aus dan masa pakainya lebih cepat habis.

Jika masa pakai habis maka anda cukup mengganti saklarnya saja. Untuk memperpanjang masa pakai, hindari memencet saklar sering-sering dalam waktu singkat.

"Power window macet dimungkinkan karena switch power short, regulator atau motor rusak, dan yang terakhir run door glass sudah keras atau robek," jelas Bambang.

@nitaarhma

Paniklah masa engga ##foryoupage ##oneprankaday ##tamansafaribogor ##tamansafari

♬ Panik Gak Panik Lah - Tiktokmusic



Simak Video "Gasak Rp 124 Juta, Pencuri Bermodus Pecah Kaca Mobil di Takalar Diciduk!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)