Komparasi

Duel Mobil Terlaris: Avanza Vs Xpander, Lebih Bagus yang Mana?

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 17 Jun 2021 06:29 WIB
Foto insert Xpander Vs Avanza
Xpander Vs Avanza. Foto: Luthfy Syahban
Jakarta -

Model low MPV Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander kembali bersaing ketat. Dalam penjualan mobil secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) Mei 2021, Mitsubishi Xpander kembali menyalip Avanza dalam kategori mobil terlaris di Indonesia.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat Mitsubishi Xpander berhasil menjadi mobil terlaris periode Mei 2021 dalam hal penjualan secara wholesales. Itu termasuk penjualan Xpander Cross.

Bulan lalu, Mitsubishi melepas 5.026 unit mobil Mitsubishi Xpander, termasuk Xpander Cross. Mitsubishi Xpander menggusur Toyota Avanza dari takhta mobil terlaris di Indonesia.

Sementara Toyota Avanza yang langganan menjadi mobil terlaris di Indonesia mengisi tempat kedua. MPV berjuluk mobil sejuta umat itu terjual sebanyak 4.675 unit pada bulan lalu.

Sejak pandemi COVID-19, Toyota Avanza memang tidak lagi menjadi mobil terlaris di Indonesia. Padahal, dari tahun ke tahun sebelum COVID-19 melanda Indonesia, Toyota Avanza selalu langganan menjadi mobil paling laris.

Saat pandemi, Avanza kembali jadi mobil terlaris pada Maret 2021 dengan penjualan sebanyak 7.251 unit. Tapi pada April 2021, Avanza tergusur ke posisi empat dan Mei 2021 di posisi dua di bawah Xpander.

Ini bukan pertama kalinya Avanza digusur Xpander. Beberapa bulan pertama 2018 ketika baru meluncur, Mitsubishi Xpander sukses melampaui penjualan Avanza. Tapi ketika diakumulasi dalam satu tahun, penjualan Xpander belum bisa sebanyak Avanza.

Baik Mitsubishi Xpander maupun Toyota Avanza memiliki keunggulan masing-masing. Berikut komparasinya.

1. Desain

Bicara desain sebenarnya sangat subjektif. Ada orang yang suka dengan desain Xpander, tak sedikit juga yang lebih menyukai desain Avanza.

Toyota Avanza BandungToyota Avanza Foto: Faidah Umu Safuroh/detikcom

Kalau dilihat dari depan, Toyota Avanza memiliki grille dengan garnish krom (tipe G). Semua tipe Avanza sudah menggunakan lampu utama LED yang desainnya mirip Toyota Vellfire.

Mitsubishi berpartisipasi dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021.  Mereka memperkenalkan kembali beragam keunggulan produk dan layanan.Mitsubishi Xpander. Foto: Grandyos Zafna

Kalau Mitsubishi Xpander, tampang depannya mengusung bahasa desain Dynamic Shield yang menjadi ciri khas mobil-mobil Mitsubishi. Mitsubishi Xpander juga sudah mengusung lampu LED.