Begini Caranya Merawat Bodi Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 28 Mei 2021 19:58 WIB
Cara merawat bodi mobil
Foto: Dok. Auto2000. Cara merawat bodi mobil.
Jakarta -

Tak hanya area mesin dan interior, bodi mobil juga perlu dirawat agar tampilannya tidak kusam dan segar dipandang. Bagian bodi mobil yang tidak dirawat tampilannya akan membuat kusam dan kotoran yang mengendap bisa saji menjadi kerak yang sulit dibersihkan.

Seperti dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resminya, ada beberapa tahapan merawat bagian bodi mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Apa saja?

1. Cuci Bagian Luar Mobil Hingga Bersih

Pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi atau kaca mobil, termasuk kolong mobil mengingat saat ini mulai masuk musim hujan dan kotoran menempel di kolong mobil untuk menghindari timbulnya karat. Periksa bagian yang bisa menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah gril dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil.

2. Hilangkan Noda Membandel

Periksa mobil dari risiko terkena noda atau jelaga akibat polusi udara, aspal, dan serangga. Gunakan cairan khusus pembersih serangga dan noda, jangan dicungkil karena bisa membuat bodi mobil baret. Untuk kaca, bisa memanfaatkan glass cleaner agar tidak menyebabkan kabut. Cairan ini juga melapisi kaca sehingga air hujan bisa langsung turun seperti air di daun talas.

3. Bersihkan Kabin Mobil, Bagasi, dan Ruang Mesin

Keluarkan seluruh karpet mobil dan bersihkan dengan siraman air bersih dan sabun pembersih. Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan kotoran di dalam kabin seperti kolong jok dan dasbor, rongga penyimpanan, dan celah di jok yang punya potensi menyimpan kotoran seperti remahan makanan, termasuk area bagasi. Hindarkan menyemprot ruang mesin dengan air bertekanan, terutama bagian yang terkait dengan kelistrikan dan cukup gunakan lap basah untuk mengangkat kotoran.

5. Poles Bodi Mobil

Poles bodi mobil dapat mengangkat kotoran yang menempel di bodi mobil dan membuat permukaannya resik dan berkilau kembali. Selain itu, di tahap akhir pemolesan biasanya dilakukan waxing guna memberikan perlindungan pada permukaan cat dengan bahan pelindung untuk menahan paparan sinar matahari.

6. Periksa Kondisi Bodi Mobil

Kondisi bodi mobil yang bersih tanpa noda membuat Anda bisa melakukan pemeriksaan kondisi bodi mobil dengan mudah dan nyaman. Tandai jika ada panel bodi yang baret atau penyok dan segera bawa ke bengkel bodi untuk dilakukan perbaikan.



Simak Video "Mercedes Benz Rilis Maybach S-Class Terbaru, Cocok Buat Pejabat Nih..."
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)