Dianggap Sepele, Ini Pentingnya Wiper Kaca Belakang

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 24 Mei 2021 10:41 WIB
Meninjau Ibu Kota Baru Bersama Nissan Livina
Pentingnya wiper di kaca belakang. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat, pasti sudah tak asing dengan penggunaan wiper di kaca depan. Namun masih banyak pengendara yang kurang memperhatikan fungsi wiper di bagian kaca belakang, padahal memiliki fungsi yang sama penting.

Hadirnya wiper di kaca depan sangat membantu pengendara ketika sedang turun hujan. Selain itu berguna untuk membersihkan kaca mobil yang kotor akibat debu ataupun kotoran, sehingga tidak mengganggu pandangan jalan.

Tetapi jarang sekali pengendara mobil menghidupkan wiper di bagian belakang. Mereka menganggap tidak begitu penting karena pandangan mata selalu ke depan, jika ingin melihat ke belakang bisa melalui kaca spion.

Dikutip dari laman Nissan, memahami kondisi di belakang mobil juga sangat penting saat berkendara. Pengemudi bisa melihat kondisi lebih luas melalui kaca spion tengah, terlebih jika kondisi jalan sedang hujan maupun berkabut.

Jika kaca belakang kotor karena debu dan kotoran, lantas Anda tidak bisa melihat bagian belakang dengan jelas dan sangat membahayakan. Di situlah fungsi wiper mobil belakang penting untuk digunakan.

Untuk itu pastikan wiper di kaca depan dan belakang selalu berfungsi normal ya. Cek kembali apakah wiper dapat bekerja dengan baik, selain itu pastikan saat wiper bergerak tidak mengeluarkan suara berdecit atau gesekan.

Penting juga untuk mengganti karet wiper pada bagian depan dan belakang mobil serta merawatnya dengan baik. Sediakan juga cairan pembersih kaca jika kondisi kaca depan dan belakang sudah sangat kotor.

Apabila kondisi karet pada wiper sudah rusak, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Pastikan mengecek kembali karet wiper di belakang mobil, karena jarang difungsikan bukan berarti kondisi karet masih tetap bagus ya.



Simak Video "Mercedes Benz Rilis Maybach S-Class Terbaru, Cocok Buat Pejabat Nih..."
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)